Langka, Ansarullah Lancarkan Serangan Rudal ke Posisi Musuhnya di Yaman Selatan

0
447

Aden, LiputanIslam.com –  Beberapa sumber pemerintahan presiden pelarian Yaman Abd Rabbuh Mansour Hadi menyatakan bahwa kelompok Ansarullah (Houthi) telah melancarkan serangan rudal ke wilayah Yaman selatan, Ahad (4/7).

Dilaporkan bahwa serangan itu tergolong langka karena jarang sekali Ansarullah melancarkan serangan rudal ke Yaman selatan, dan ini terjadi ketika wilayah ini kembali dilanda gejolak dan kontak senjata baru antarsesama elemen pasukan koalisi yang dipimpin Arab Saudi sendiri.

Serangan rudal Ansarullah itu menyasar sebuah pangkalan militer di Provinsi Abyan. Menurut sumber-sumber itu, serangan tersebut menewaskan sedikitnya dua tentara dan melukai sedikitnya 20 tentara.

Tiga sumber menyebutkan bahwa serangan rudal itu terjadi ketika pasukan Mansour Hadi di satu pihak dan kelompok-kelompok militan di pihak lain di kawasan itu sama-sama mengerahkan pasukan dan bertempur satu sama lain meskipun Riyadh sedang bekerja untuk meredakan ketegangan di antara mereka.

Kubu Dewan Transisi Selatan (STC) yang didukung Uni Emirat Arab terlibat persaingan kekuasaan dengan kubu Mansour Hadi yang didukung Saudi di Yaman selatan.

Di pihak lain, kubu Ansarullah yang didukung Iran menguasai sebagian besar wilayah Yaman utara dan telah mengusir pemerintahan Mansour Hadi dari Sanaa, ibu kota Yaman, sejak akhir-akhir tahun 2014.

Terkait dengan laporan mengenai serangan rudal tersebut, sejauh ini belum ada komentar dari Ansarullah, yang sejak beberapa bulan lalu sampai sekarang terus menggelar operasi militer untuk merebut kota dan provinsi yang kaya gas dari tangah kubu Mansour Hadi serta kerap melancarkan serangan rudal dan drone maupun serangan darat ke berbagai wilayah Saudi. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Tanggapi AS, Ansarullah: Bangsa Yaman Tak akan Mengemis Perdamaian dengan Para Pembantai

Pengamat  AS: Tak Ada Kekuatan yang Dapat Menyurutkan Pengaruh Ansarullah di Yaman

DISKUSI: