Lagi, Serangan Udara Saudi Tewaskan Sejumlah Warga Sipil Yaman

0
90

Sanaa, LiputanIslam.com – Serangan udara pasukan koalisi pimpinan Saudi kembali merenggut nyawa warga sipil Yaman.  Seorang pejabat Ansarullah mengumumkan bahwa serangan terbaru koalisi itu  menewaskan sedikitnya sembilan warga sipil di Yaman utara, Rabu (15/7/2020).

Serangan yang menjatuhkan korban sipil itu tercatat sebagai yang ketiga kalinya sejak Juni lalu manakala kekerasan kembali meningkat di Yaman.

Seorang juru bicara kementerian kesehatan Yaman kubu Ansarullah menjelaskan bahwa serangan udara terbaru  koalisi itu menerjang rumah-rumah penduduk di distrik al-Hazm, provinsi al-Jawf, dan menewaskan sembilan orang termasuk dua anak kecil dan dua wanita.

Juru bicara koalisi Kol. Turki al-Maliki mengatakan laporan itu akan diselidiki.

“Kami menangani laporan ini dengan sangat serius dan akan diselidiki sepenuhnya karena semua laporan seperti ini menggunakan proses independen yang disetujui secara internasional,” kata al-Maliki.

Kekerasan telah meningkat sejak awal Juni lalu, yaitu sejak berakhirnya gencatan senjata sementara yang diterapkan demi penanggulangan pandemi Covid-19.

Baca: Kota Ma’rib di Yaman Hampir Jatuh ke Tangan Pasukan Ansarullah, Efek Domino akan Terjadi

Awal pekan ini Ansarullah melancarkan serangan di kota-kota perbatasan Saudi sebagai balasan terhadap serangan udara yang menewaskan 10 warga sipil di wilayah Hajjah, yaman. Koalisi kemudian mengatakan akan menyelidiki.

Baca: Ansarullah Yaman Pastikan Gempuran Terbarunya ke Saudi Menimpa Sasaran

Pada Juni lalu Ansarullah dan seorang pejabat PBB menyatakan bahwa serangan udara koalisi telah menewaskan sedikitnya 12 orang, termasuk empat anak kecil, di provinsi Saada Yaman, sementara koalisi mengaku telah menyerang sebuah kendaraan yang membawa militan bersenjata.

PBB bulan lalu menghapus koalisi yang didukung Barat dari daftar hitam PBB beberapa tahun setelah pertama kali dituduh membunuh dan melukai anak-anak di Yaman. (mm/aljazeera)

DISKUSI: