Ansarullah Yaman Pastikan Gempuran Terbarunya ke Saudi Menimpa Sasaran

0
177

Sanaa, LiputanIslam.com – Kelompok pejuang Ansarallah Yaman, Senin (13/7/2020), mengumumkan serangan rudal balistik dan drone-nya secara masif ke wilayah Arab Saudi dengan target bandara dan pangkalan militer di sejumlah lokasi di provinsi Jizan, Najran, dan Asir Arab Saudi.

“Rudal balistik dan pesawat tak berawak kami dalam operasi militer yang luas telah menghancurkan sejumlah situs militer dan instalasi musuh Saudi di Jizan, Najran dan Asir, termasuk bandara dan pangkalan militer,” ungkap juru bicara Angkatan Bersenjata Yaman yang bersekutu dengan Ansarullah, Brigjen Yahya Saree dalam sebuah pernyataan yang ditayangkan di saluran TV Al-Masirah milik Ansarullah.

Dia menambahkan bahwa tentara Yaman dan para pejuang Ansarullah juga menggempur posisi musuhnya di wilayah Yaman sendiri.

“Kamp Tadawin di Provinsi Yaman Ma’rib juga menjadi sasaran ketika terjadi pertemuan para petinggi militer Saudi dengan orang-orang Yaman, yang mengakibatkan puluhan orang tewas dan cedera.”

Pasukan koalisi yang dipimpin Saudi menyatakan pihaknya berhasil mencegat dan menghancurkan dua rudal balistik dan enam drone yang diluncurkan oleh Ansarullah. Mereka juga menuduh pasukan Ansarallah melancarkan serangan ke sasaran-sasaran sipil di Arab Saudi.

Wakil pemerintah Sanaa bidang pertahananan dan keamanan Brigjen Jalal al-Ruwaisyan memastikan serangan tersebut menimpa sasaran-sasaran yang disebutkan oleh Yahya Saree serta menyebabkan kerugian fatal bagi Saudi.

Baca: Kota Ma’rib di Yaman Hampir Jatuh ke Tangan Pasukan Ansarullah, Efek Domino akan Terjadi

“Serangan ini menimbulkan kerugian materi yang fatal serta menyebab puluhan militer Saudi tewas dan luka, termasuk beberapa petinggi dan ahlinya,” ungkap Al-Ruwaisyan.

Dia juga menegaskan, “Operasi neraca pencegahan ofensif dan defensif akan terus berlanjut seiring dengan pengembangan rudal balistik dan drone secara kontinyu, dengan daya jangkau barunya mengejutkan musuh dan  para pendukungnya.”

Senada dengan ini, Brigjen Abdullah bin Amir, pejabat Kementerian Pertahanan di Sanaa, mengatakan, “Operasi Angkatan Bersenjata Yaman tidak membabi buta, dan tidak pula menyasar warga sipil.”

Baca: Komandan Pasukan Pro-Saudi di Yaman Tewas Diserang Drone Ansarullah

Dia menambahkan, “Tujuan Angkatan Bersenjata Yaman ialah menghentikan agresi dan mencabut blokade…. Kami punya bukti-bukti yang menunjukkan bahwa jet-jet tempur Saudi sendiriah yang menyerang tempat parkir mobil di Bandara Abha.”

Serangan terbaru Ansarullah ke wilayah Saudi dilancarkan tak lama setelah jet tempur Saudi menyerang sebuah rumah di Provinsa Hajjah hingga menyebabkan enam wanita dan empat anak kecil tewas serta melukai satu pria dan satu perempuan. (mm/alalam/amn)

DISKUSI: