Kubu Resistensi di Gaza Jadi Bintang, Mahmoud Abbas Boikot Dialog Palestina di Mesir

0
439

Presiden Palestina, Mahmoud Abbas

London, LiputanIslam.com –  Presiden Palestina Mahmoud Abbas memutuskan untuk memboikot pertemuan-pertemuan dialog inklusif dan komprehensif antar-elemen Palestina, yang semula dijadwalkan akan dimulai di Mesir pada pekan mendatang.

Rai Al-Youm, Jumat (12/6), menyebutkan bahwa pemboikotan itu disebabkan terutama oleh keenggaan Abbas mengakui kemenangan kubu resistensi Palestina di bawah komando Hamas dan Jihad Islam dalam perang Gaza melawan Israel yang berlangsung pada 11-21 Mei 2021.

Selain itu, Abbas yang berkedudukan di Ramallah, Tepi Barat, juga kesal terhadap Kairo karena merasa dilangkahi ketika Mesir segera memulai proses rekonstruksi di Jalur Gaza tanpa pengawasan langsung dari pihak otoritas Palestina di mana Abbas memegang tampuk kekuasaan.

Hal ini praktis berdampak negatif terhadap pemerintah Mesir sehingga Kairo memutuskan untuk menunda dialog tersebut tanpa ada kejelasan jadwal selanjutnya. Para pengamat menilai penundaan ini mencerminkan kegusaran Mesir.

Dikutip Rai Al-Youm, seorang narasumber dari salah satu faksi besar Palestina di Gaza menilai Mahmoud Abbas mengandalkan peran dan dukungan AS dan Israel kepada dirinya sehingga sama sekali tidak mementingkan peran lain dari dunia  Arab.

Menurut sumber anonim itu, Abbas menolak partisipasi siapapun dalam pengambilan keputusan Palestina, dan bersikukuh menjadikan dirinya sebagai pemegang otoritas mutlak dalam pengambilan keputusan.

Karena itu, dia enggan menerima perubahan dan realitas baru pasca perang 11 hari yang dimenangi oleh kubu resistensi. Dia bersikukuh pada otoritas Palestina, Perjanjian Oslo dan status quo Palestina.

Dalam konteks ini, dia merencanakan pembentukan pemerintahan tunggal nasional Palestina -yang hanya bersifat formalitis- di bawah pimpinan salah seorang kadernya sendiri untuk mengawasi proses rekonstruksi dan berkuasa penuh atas semua dana proses ini, termasuk dana dari Mesir. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Hizbullah: Perang “Pedang Quds” Berbuah Persatuan Resistensi

Esktremis Zionis Mencoba Mengusik Al-Aqsa lagi, Ini Peringatan Terbaru dari Brigade Al-Qassam

DISKUSI: