Kubu Ahmad Massoud di Panjshir Sebut Al-Qaeda Bergabung dengan Taliban

0
185

Panjshir, LiputanIslam.com –  Front resistensi Afghanistan di wilayah Panjshir menyatakan bahwa kelompok teroris Al-Qaeda telah bergabung dengan Taliban dalam perang yang sedang berkecamuk antara Taliban dan Front Panjshir.

“Al-Qaeda telah bergabung dengan Taliban untuk memerangi Front Resistensi Afghan. AS mundur, dan sejarahpun berulang,” ungkap Front  Panjshir di Twitter, Kamis (2/9).

Kelompok ini juga mengklaim sebanyak 350 anggota Taliban tewas dalam pertempuran di Panjshir.

Seperti diketahui, Taliban telah menguasai semua wilayah Afghanistan kecuali Provinsi Panjshir yang hanya berjarak 125 kilometer dari Kabul, ibu kota Afghanistan.

Taliban dan Front Panjshir yang dipimpin Ahmad Massoud telah memasuki hari ketiga pertempuran antara keduanya Lembah Panjshir, dan saling mengklaim berhasil menimpakan kerugian jiwa dalam jumlah besar satu sama lain.

Pertempuran antara keduanya dengan menggunakan senjata ringan dan berat dilaporkan telah mencapai kawasan Golbahar yang merupakan gerbang kota Panjshir.

Kedua pihak saling tuding sebagai pemula perang. Front Panjshir menyatakan bahwa kepungan Taliban atas Panjshir telah memicu perang, sedangkan Taliban mengaku pihaknya hanya membela diri setelah mendapat serangan, dan penduduk berharap keduanya dapat mengatasi perselisihan melalui jalur politik.

Sementara itu, beberapa sumber menyatakan bahwa Taliban pada Kamis malam menyerang Panjshir ketika Taliban sedang mempersiapkan keadaan untuk mengumumkan pemerintahan baru di Istana Kepresidenan. Belum ada tanggapan segera dari Taliban atas klaim tersebut.

Kantor berita TAS milik Rusia melaporkan bahwa sekira 300 anggota Taliban tewas dalam pertempuran mereka dengan Front Panjshir.

Kedua pihak sempat mengadakan dialog. Namun, seperti dikatakan Kepala Komisi Dakwah dan Bimbingan Taliban Amir Khan Mottaqi, dialog itu membentur jalan buntu dan tak membuahkan hasil.

Sebelum itu, Taliban menyatakan bahwa tuntutan Ahmad Massoud, termasuk supaya Panjshir diumumkan sebagai kawasan aman dan tidak dicampuri oleh Taliban, tak dapat diterima. (mm/alalam/fna)

Baca juga: 

Taliban Tolak Syarat Ahmad Massoud, Pertempuran di Panjshir Masuki Hari Kedua

Parah, Tentara AS Obrak-Obrik Sarana Militer dan Sipil di Bandara Kabul

DISKUSI: