Khatib Jumat Masjidil Haram Sampaikan Penetapan Ikhwanul Muslimin sebagai Kelompok Teroris

0
81

Mekkah, LiputanIslam.com –  Khatib dan imam Jumat Masjidil Haram Syeikh Usamah Khayyath dalam khutbah Jumat kemarin (13/112/2020) menyampaikan apa yang diumumkan oleh Dewan Ulama Senior Arab Saudi bahwa kelompok Ikhwanul Muslimin merupakan kelompok teroris.

Khayyath menyerukan kepada para jemaah agar menjauhi organisasi-organisasi yang memiliki manhaj (metode) yang disebutnya “bertentangan dengan kitab Allah, sunnah Nabi, dan petunjuk pendahulu umat”.

Dia memperingatkan bahwa manhaj demikian sia-sia belaka serta “mendatangkan azab di akhirat sebagaimana dinyatakan dan dijelaskan secara rinci oleh Dewan Ulama Senior“.

Seperti pernah diberitakan, Menteri Urusan Keislaman, Dakwah, dan Bimbingan Arab Saudi Abdul Latif Al-Sheikh sehari sebelumnya telah menginstruksikan agar khutbah Jumat kemarin dikhususkan untuk menyampaikan pernyataan Dewan Ulama Senior bahwa Ikhwanul Muslimin merupakan “kelompok teroris yang tidak mewakili manhaj Islam” dan mengejar ambisi politik.

“Kelompok Ikhwanul Muslimin adalah kelompok teroris yang alih-alih mewakili manhaj Islam bertujuan mencapai kekuasan,” bunyi pernyataan itu.

Atas dasar itu, dewan tersebut memperingatkan bahwa segala bentuk dukungan, termasuk dana, untuk Ikhwanul Muslimin dilarang.

Menurut dewan itu, Ikhwanul Muslimin sejak pembentukannya tidak pernah menunjukkan rasa hormat kepada akidah Islam atau pengetahuan yang terkandung dalam Al-Qur’an atau Sunnah, dan satu-satunya tujuannya adalah untuk merebut kendali kekuasaan, serta telah menginspirasi banyak kelompok ekstremis dan teroris yang bertanggung jawab atas kekejaman di seluruh dunia.

Arab Saudi memasukkan Ikhwanul Muslimin dalam daftar hitam organisasi teroris pada Mei 2014 melalui dekrit kerajaan, bersama dengan tiga kelompok Islam lainnya yang berbasis di Timur Tengah. Keputusan tersebut melarang keanggotaan dan segala bentuk dukungan atau simpati kepada Ikhwanul Muslimin. (mm/raialyoum/okaz/aa)

Baca juga:

Khatib Jumat di Saudi Diminta Umumkan “Kesesatan” Ikhwanul Muslimin

Ledakan di Jeddah Didalangi oleh Pemerintah Saudi Sendiri

DISKUSI: