Kematian Akibat Wabah Corona di Iran Turun 70%

0
671

Teheran, LiputanIslam.com –  Angka kasus infeksi dan kematian akibat wabah virus corona noval alias Covid-19 di Iran mengalami tren penurunan berkat kerjasama erat antara pemerintah dan rakyat negara republik Islam ini.  Demikian diungkap oleh Kementerian Kesehatan Iran, Sabtu (25/4/2020).

Wakil Menteri Kesehatan Iran Iraj Harirchi menyatakan kasus infeksi turun lebih dari 50 persen, dan sedangkan kasus kematian turun sekitar 70 persen di seluruh penjuru negara ini.

“Ada kecenderungan penurunan penyakit corona di sebagian besar provinsi, dan ini merupakan hasil tindakan efektif masyarakat dan pemerintah,” ujar Harirchi.

Dia menambahkan, “Saya ingin menekankan bahwa pada saat diberlakukan social distancing secara cerdas dan bertahap, setiap pelanggaran dapat memiliki konsekuensi serius dan tak tertanggulangi.”

Baca: Meski Diembargo AS, Presiden Rouhani Akui Mampu Ekspor Alat Tes Corona

Harirchi juga memperkirakan bahwa akan ada dua hingga tiga gelombang penyebaran wabah ini  selama setahun ini di sebagian besar negara di dunia sebelum ditemukannya vaksin dan obat penyembuh penyakit Covid-19.

Baca: Ditawari Ventilator oleh Trump, Zarif: Iran Justru Akan Jadi Eksportir Ventilator

Karena itu dia menekankan keharusan konsisten pada seruan tinggal di rumah dan menghindari bepergian yang tidak perlu. (mm/presstv)

DISKUSI: