Meski Diembargo AS, Presiden Rouhani Akui Mampu Ekspor Alat Tes Corona

0
501

Presiden Iran, Hassan Rouhani. Sumber foto: Times of Israel

Teheran,LiputanIslam.com—Presiden Iran, Hassan Rouhani, menyampaikan pada Rabu (22/4) kemarin bahwa Iran saat ini memiliki stok alat tes virus Corona dan mampu mengekspor ke sejumlah negara yang membutuhkan.

“Saat ini, kami mampu mengekspor alat tes Corona di tengah tingginya permintaan dalam negeri,” ucapnya seperti dikutip oleh Al-Arabiya.

Tak hanya itu, Rouhani juga berharap Iran mampu mengekspor masker dalam waktu dekat.

Pemerintah Iran telah berulang kali menolak bantuan semu yang ditawarkan oleh Presiden AS, Donald Trump.

Beberapa waktu lalu, Menlu Iran Mohammad Javad Zarif sempat menolak tawaran Trump yang ingin mengekspor ventilator ke Iran.

“Iran akan jadi PENGEKSPOR (zarif menekankan dengan huruf besar) ventilator dalam beberapa bulan. AS hanya perlu berhenti mencampuri urusan internal negara lain, khususnya Iran. Percayalah, kami tidak butuh nasehat apapun dari para politisi AS,” tulis Zarif lewat akun twitternya pada Minggu (19/4).

Baca juga:

Trump Instruksikan Penghancuran Kapal Perang Iran yang “Melecehkan”

Digertak Trump, Ini Tanggapan Pasukan Elit Iran

Sejauh ini, pemerintah Iran telah melakukan upaya maksimal untuk menanggulangi penyebaran virus Covid-19 di negara itu, meski tengah dilanda sanksi ekonomi yang luar biasa dari AS.

Jika dibandingkan dengan AS, pasien positif Covid-19 di Iran jauh lebih sedikit, dengan jumlah di bawah angka 100.000. Sementara pasien positif Covid-19 di AS saat ini telah mencapai angka 739.000 dan lebih dari 39.000 pasien telah meninggal. (Fd/Al-Arabiya/Tasnim)

DISKUSI: