Ditawari Ventilator oleh Trump, Zarif: Iran Justru Akan Jadi Eksportir Ventilator

0
631

Menlu Iran, M. Javad Zarif. Sumber foto: Tasnim

Tehran,LiputanIslam.com—Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, beberapa waktu lalu kembali mempertegas kesiapannya untuk mengirimkan ventilator medis ke Iran untuk menanggulangi pasien Covid-19. Merespon hal itu, Menteri Luar Negeri Iran M. Javad Zarif, justru mengatakan bahwa Iran akan menjadi eksportir ventilator dalam beberapa bulan ke depan.

“Iran akan jadi PENGEKSPOR (zarif menekankan dengan huruf besar) ventilator dalam beberapa bulan. AS hanya perlu berhenti mencampuri urusan internal negara lain, khususnya Iran. Percayalah, kami tidak butuh nasehat apapun dari para politisi AS,” tulis Zarif lewat akun twitternya pada Minggu (19/4) kemarin.

Sebelumnya, Trump sempat mengatakan, “ Saya telah menawarkan bantuan ke Iran, jika mereka mau. Jika mereka butuh ventilator, saya akan kirim ventilator buat mereka. Kami punya ribuan ventilator lebih. Kami punya persediaan banyak ventilator.”

Baca juga:Soal Hadap-Hadapan AL AS dan Iran di Teluk, Pasukan Elit Iran Sebut AS Bercerita ala ..

Sejauh ini, pemerintah Iran telah melakukan upaya maksimal untuk menanggulangi penyebaran virus Covid-19 di negara itu, meski tengah dilanda sanksi ekonomi yang luar biasa dari AS.

Jika dibandingkan dengan AS, pasien positif Covid-19 di Iran jauh lebih sedikit, dengan jumlah di bawah angka 100.000. Sementara pasien positif Covid-19 di AS saat ini telah mencapai angka 739.000 dan lebih dari 39.000 pasien telah meninggal. (fd/Tasnim)

DISKUSI: