Kelompok Teroris Binaan AS Menyerah kepada Tentara Suriah

0
647

Damaskus, LiputanIslam.com –  Sebuah kelompok teroris bernama Jeish al-Ashaer yang para anggotanya dilatih oleh pasukan AS di pangkalan al-Tanf di bagian timur Suriah dilaporkan telah menyerah kepada Pasukan Arab Suriah (SAA).

Ma’amoun al-Hamid, seorang anggota kantor informasi kelompok pemberontak Jeish al-Maqawir, Rabu (15/4/2020), mengatakan kepada Step News bahwa anggota Jeish al-Ashaer telah melarikan diri dari pangkalan pelatihan AS.

Dia menambahkan bahwa Jeish al-Asha’er pernah eksis di provinsi Dara’a, Suriah selatan, sebelum provinsi itu dibebaskan oleh SAA, dan kemudian komandannya, Abu Hamzah Asha’er, datang ke wilayah al-Rukban di Suriah timur bersama militan lainnya sebelum kelompok itu dibubarkan.

Al-Hamid menjelaskan bahwa kendaraan yang mengangkut para anggota Jeish al-Ashaer Selasa lalu bergerak menuju daerah-daerah yang dikendalikan oleh SAA.

Baca: Turki Dilaporkan Mengirim Konvoi Militer Baru ke Idlib

AS sebelumnya berjanji untuk menarik pasukannya dari Suriah, tapi ternyata pasukan pendudukan itu masih ada dan beroperasi di beberapa wilayah Suriah, yang tentunya tanpa izin dari PBB maupun Damaskus. Pasukan AS mendirikan kamp pengungsi di daerah Rukban yang mereka duduki di provinsi Homs dekat perbatasan Suriah dengan Irak dan Yordania.

Baca: Suriah dan Rusia Bantah Laporan Pengawas Senjata Kimia

Moskow dan Damaskus telah berulang kali menyatakan bahwa kamp al-Rukhban digunakan oleh pasukan AS sebagai pangkalan pelatihan dan tempat persembunyian bagi militan di Suriah. (mm/fna)

DISKUSI: