Kelompok Tak Dikenal Bakar Tiga Mobil Pembawa Muatan untuk Pangkalan Militer AS di Irak

0
92

Baghdad, LiputanIslam.com – Sebuah sumber keamanan Irak mengatakan bahwa sekelompok orang bersenjata tak dikenal telah membakar tiga mobil yang membawa muatan menuju sebuah pangkalan militer Amerika Serikat (AS) di Irak selatan.

“Tiga mobil  mendapat serangan bersenjata di wilayah Najmi di antara provinsi Diwaniyah dan Muthanna di Irak selatan,” ungkap sumber anonim itu kepada RT, Sabtu (11/7/2020).

Sebuah penggelan video amatir berdurasi 25 detik yang dimuat di situs RT Arabic memperlihatkan kobaran api melalap tiga mobil hingga menimbulkan kepulan asap tebal pada petang hari di sisi sebuah jalan.

Menurut sumber itu, tiga mobil nahas tersebut dikemudikan oleh warga Irak.

“Para pengemudi tidak mengalami penganiayaan, mereka hanya dipaksa turun sebelum mobil-mobil itu dibakar,” tutur sumber itu.

Tak ada kelompok yang mengaku bertanggungjawab atas pembakaran itu. Namun insiden ini terjadi di saat pasukan AS semakin terlibat ketegangan dengan kelompok-kelompok relawan pejuang Irak, terutama Brigade Hizbullah Irak.

Tidak adanya penganiayaan dan apalagi pembunuhan terhadap para pengemudi yang merupakan warga Irak sendiri seakan mengindikasikan keterkaitan insiden itu dengan ketegangan militer AS dengan kelompok-kelompok relawan Irak yang didukung oleh Iran. (mm/rtarabic)

Baca  juga:

Video: Tentara Suriah Hadang Konvoi Militer AS di Dua Tempat

Irak Umumkan Haknya Merespon Operasi Militer Turki di Perbatasan

DISKUSI: