Video: Tentara Suriah Hadang Konvoi Militer AS di Dua Tempat

0
144

Damaskus, LiputanIslam.com – Tentara Tentara Arab Suriah (SAA) menghadang patroli militer Amerika Serikat (AS) dan mencegahnya melintasi dua titik lokasi di sepanjang jalan raya M-4 (Hasakah-Raqqa) di bagian timur laut Suriah.

Sumber lapangan menyebutkan bahwa beberapa personil SAA telah menghadang konvoi lapis baja AS yang terdiri dari tiga kendaraan di luar desa Mansef Al-Tahtani di dekat kota strategis Tal Tamr.

Seorang perwira militer Suriah berpangkat Lettu mengkonfirmasikan kepada kantor berita Sputnik milik Rusia bahwa pihaknya mencegat konvoi AS di Mansef Al-Tahtani dan Al-Dardara, yang merupakan lokasi jembatan penting.

Terkait insiden ini, Jumat (10/7/2020), beredar video yang memperlihatkan bagaimana personil SAA  melakukan pencegatan  konvoi mobil lapis baja AS dan kemudian memaksanya agar segera mundur.

Menurut kantor berita Suriah, SANA, SAA berhasil “memaksa pasukan AS berputar balik menuju pangkalan-pangkalan ilegalnya”.

Sebuah sumber dari Batalyon Ba’ath mengatakan kepada Al-Masdar dari Al-Hasakah bahwa Resimen ke-154 Angkatan Darat Suriah terlibat dalam pencegatan itu.

Peristiwa demikian telah beberapa kali terjadi di Suriah, dan biasanya penduduk setempat turut menekan pasukan AS dengan aksi demo dan lemparan batu. (mm/amn/sana)

DISKUSI: