Kelompok Pejuang Irak Berjanji akan Beri Turki “Pelajaran”

0
242

Baghdad, LiputanIslam.com –   Sekjen gerakan Asaib Ahl al-Haq Irak, Syeikh Qais al-Khazali, Rabu (2/2) menyatakan pihaknya suatu saat akan memberi Turki “pelajaran keras”,  menyusul terjadinya serangan udara Turki  yang menjatuhkan sejumlah korban luka dan tewas di wilayah utara Irak pada Selasa malam.

Di halaman Twitternya, al-Khazali menyayangkan “kebungkaman pemerintah Irak” di depan “berlanjutnya pelanggaran terbuka dan nyata Turki terhadap kedaulatan Irak”.

Dia menjelaskan, “Setelah menempatkan pangkalan-pangkalan militer di Irak utara, tentara Turki semakin banyak membom warga sipil dengan dalih yang dibuatnya sendiri. Pada gilirannya, sebagaimana kami mengutuk serangan Turki ke kamp-kamp pengungsi kami juga menegaskan bahwa kebungkaman tidak akan berlanjut untuk selamanya terhadap perilaku liar dan ketidak pedulian Turki terhadap wilayah dan bangsa Irak ini.”

Sekjen Asaib Ahl al-Haq lantas melontarkan ancaman keras dengan menegaskan, “Akan tiba saatnya yang tepat di mana para pejuang resistensi Irak memberi pelajaran keras kepada pasukan pendudukan Turki dan memaksanya keluar dari tanah Irak, sebagaimana mereka telah memberi pelajaran terhadap pasukan pendudukan AS.”

Media Irak pada Selasa malam melaporkan bahwa serangan udara Turki ke wilayah Sinjar, Irak utara, telah menjatuhkan sedikitnya delapan korban tewas dan luka. Serangan itu dilancarkan Turki dengan dalih memburu milisi Partai Pekerja Kurdi (PKK) yang disebutnya sebagai kelompok teroris.

Kanal Telegram Sabereen News melaporkan bahwa serangan itu juga menarget sebuah kamp pengungsi di Pegunungan Makhmur hingga menewaskan sejumlah orang. Kamp itu ditempati oleh para pengungsi sipil Yazidi, namun Turki mengaku menyerang posisi-posisi PKK di kawasan tersebut.

Beberapa sumber menyatakan bahwa Turki telah melancarkan serangan udara sebanyak 20 kali ke kamp tersebut. (mm/fna)

Baca juga:

Wakil Suriah: Perkembangan Hasakah adalah Upaya AS Hidupkan ISIS

120-an Orang Tewas, Pasukan Kurdi Suriah Berhasil Kuasai Penjara Hasakah dari Serbuan ISIS

DISKUSI: