Wakil Suriah: Perkembangan Hasakah adalah Upaya AS Hidupkan ISIS

0
258

Damaskus,LiputanIslam.com-Dewan Keamanan PBB mengadakan rapat luar biasa untuk membahas perkembangan di Suriah. Wakil tetap Suriah di PBB, Basam Sabagh dalam pidatonya di rapat itu mengkritik pedas Dewan Keamanan.

“Dewan Keamanan berubah menjadi tribun murni untuk mengulang klaim dan tuduhan tak berdasar terhadap Suriah. Lembaga internasional ini hingga sekarang belum pernah membentuk rapat luar biasa untuk mengecam agresi berulang Rezim Zionis atau pelanggaran yang dilakukan AS dan Turki di wilayah Suriah,”kata Sabagh.

“Perkembangan terkini Hasakah menuntut Dewan Keamanan untuk segera mengkaji serta mengambil keputusan soal akibat dari insiden-insiden berbahaya, yang bersumber dari kejahatan kelompok teroris ISIS, milisi separatis SDF, dan pasukan penjajah AS.”

“Apa yang terjadi di Hasakah adalah upaya AS untuk merekonstruksi dan menghidupkan kembali kelompok teroris ISIS, serta menyusun skenario untuk menjustifikasi keberadaan tentara AS di tanah Suriah,”tandasnya.

Sebelum ini, Anggota Parlemen Suriah, Mushab al-Halabi berpendapat, intelijen AS memiliki peran dalam serangan ISIS ke Penjara al-Sinaah di kota Hasakah di timur laut Suriah beberapa waktu lalu.

“Serangan ke penjara yang menampung para tahanan anggota ISIS itu dilakukan dengan perencanaan dan pengaturan intelijen AS, yang bertujuan untuk menjustifikasi kehadiran pasukan AS di Kawasan. Mereka akan berdalih bahwa kelompok teroris ISIS masih aktif dan kondisi Kawasan masih bergejolak,”kata al-Halabi kepada Radio Sputnik. (af/alalam)

Baca Juga:

Pasukan Kurdi Suriah Siapkan Serangan ke Bagian Penjara Tempat Perlindungan ISIS

Mantan Pejabat AS Sebut Keberadaan Militer AS di Suriah Ilegal

DISKUSI: