Foto: Ilustrasi

Damaskus, LiputanIslam.com –  Untuk kedua kalinya dalam jangka waktu kurang dari satu minggu helikopter militer Suriah ditembak jatuh oleh kelompok bersenjata yang didukung pasukan Turki, Jumat (14/2/2020).

Sumber militer Suriah menyebutkan bahwa helikopter itu terjatuh dan awaknyapun tewas terkena tembakan rudal panggul kawanan pemberontak bersenjata yang berada di pos pantau pasukan Turki dan berkonsentrasi di dekat distrik Darah Azah, provinsi Aleppo, Suriah.

Sebelumnya, yaitu pada 11 Februari lalu kawanan bersenjata juga telah menembak jatuh helikopter militer Suriah di provinsi Idlib.

Sementara itu militer Suriah masih terus bergerak dan kini sedang memperluas kekuasaannya atas distrim Urem al-Kubra di bagian barat daya Aleppo setelah terlibat kontak senjata sengit dengan kawanan teroris Hay’at Tahrir al-Sham alias Jabhat al-Nusra.

Satuan-satuan tentara Suriah bergerak maju ke arah barat dari jalur internasional M5 dan menguasai Urem al-Kubra yang belakangan menjadi markas Jabhat al-Nusra di bagian barat daya provinsi Aleppo.

“Satuan-satuan pasukan serbu tentara Suriah mengembangkan kekuasaannya atas distrik strategis yang terletak di jalur Aleppo-Idlib lama, Jalur 60, setelah kontak senjata sengit dengan kawanan al-Nusra dan para sekutunya, dan ini dilakukan dalam rangka operasi militer besar-besarannya yang dilancarkan di kawasan itu,” ungkap sumber dari Divisi 25 Pasukan Khusus Suriah yang dikutip al-Alam.

Baca: SAA Masih Bergerak Maju, Turki Ancam Serang “Ekstremis” di Idlib

Dia menambahkan, “Penguasaan atas Urem al-Kubro berarti jatuhnya markas terbesar al-Nusra di barat daya provinsi Aleppo dan bertambahnya kepungan pengamanan atas sisi barat jalur internasional (Aleppo-Damaskus).”

Baca: Suriah Sebut Klaim Presiden Turki Omong Kosong

Sumber anonim itu juga mengatakan, “Satuan-satuan tentara Suriah mencetak kemajuan ke arah utara dengan cepat serta menguasai kawasan Jamiyah al-Ridwan di poros yang sama di tengah kehancuran barisan al-Nusra.” (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*