Kawasan Sekitar Kedubes AS di Baghdad Dihantam Roket

0
161

Baghdad, LiputanIslam.com –  Sumber keamanan Irak menyatakan sedikitnya tiga roket menerjang Zona Hijau yang ditempati oleh perwakilan diplomatik berbagai negara di Baghdad, ibu kota Irak, Selasa (19/5/2020).

Disebutkan bahwa serangan itu menyebabkan sirine di Kedubes AS di kawasan itu memekik, satu roket di antaranya jatuh di sekitar Kedubes Inggris, dan satu roket lagi menimpa atap sebuah bangunan.

Pihak keamanan Irak menyatakan insiden itu tidak menjatuhkan korban, dan aparat keamanan segera menggelar patroli untuk mencari lokasi peluncuran roket tersebut.

Zona Hijau Baghdad sudah berulangkali diterjang serangan roket yang ditujukan ke Kedubes AS untuk Irak. Insiden serupa terbaru sebelumnya terjadi pada tanggal 26 Maret 2020.

Amerika Serikat (AS) menuding kelompok-kelompok pejuang Irak yang didukung Iran sebagai pelaku serangan roket yang menyasar lokasi-lokasi yang ditempati oleh pasukan AS.

Baca: Bukannya Meminta Maaf, Stasiun Televisi Saudi MBC Kecam Penutupan Kantornya di Irak

Serangan roket yang menewaskan personel militer AS, Inggris dan Irak, menimbulkan ketegangan hubungan antara Baghdad dan Washington.

Iran dan sekutunya di Irak menentang keras keberadaan pasukan AS di Irak, dan karena itu mereka menggalang upaya untuk memaksa pasukan AS angkat kaki dari Negeri 1001 Malam tersebut.

Baca: Legislator Irak: Helikopter-helikopter Misterius Mondar Mandir di Kawasan yang Ditempati ISIS

Pemimpin Besar Iran Ayatullah Sayid Ali Khamenei Ahad lalu menegaskan bahwa AS “tidak akan dapat bertahan di Irak atau Suriah, harus mundur, dan pasti akan terusir”. (mm/alalam/aljazeera)

DISKUSI: