Bukannya Meminta Maaf, Stasiun Televisi Saudi MBC Kecam Penutupan Kantornya di Irak

0
29

Baghdad,LiputanIslam.com-Grup media Saudi MBC pada hari Senin kemarin (18/5) menjadi sasaran hujatan ratusan warga Irak. Kantor stasiun televisi itu juga ditutup oleh para pengunjuk rasa.

Dilansir al-Arabiya, MBC dalam statemennya mengecam serbuan sejumlah pengunjuk rasa Irak ke studio-studionya di Baghdad. Serbuan itu disebut telah menimbulkan kerugian materi besar terhadap MBC.

MBC menyerahkan persoalan ini kepada para pejabat Pemerintahan Irak. Di saat yang sama, MBC mengaku menaruh kepercayaan kepada aparat keamanan dan hukum Irak untuk “melindungi lembaga dan para pegawainya” yang beraktivitas “berdasarkan aturan dan undang-undang Irak.”

Ratusan warga Irak pada hari Senin kemarin menduduki kantor MBC dan menutupnya. Hal ini dilakukan sebagai protes atas penghinaan stasiun televisi Saudi itu terhadap Syahid Abu Mahdi al-Muhandis, wakil ketua al-Hashd al-Shaabi.

Warga Irak tersinggung karena MBC menyebut Abu Mahdi sebagai “teroris.” Mereka merangsek ke kantor MBC di Baghdad sambil mengibarkan bendera Irak dan membawa foto-foto Abu Mahdi. Mereka juga meneriakkan yel-yel yang menghujat stasiun televisi Saudi itu.

Para pengunjuk rasa juga memasang banner di gerbang masuk kantor. Banner itu bertuliskan:”Telah ditutup atas instruksi rakyat.” (af/alalam)

Baca Juga:

Uni Eropa Adakan Acara Dukungan untuk Kaum LGBT di Irak

Hina Abu Mahdi al-Muhandis, Stasiun Televisi Saudi Digugat al-Hashd al-Shaabi

 

DISKUSI:
SHARE THIS: