Kapal Tanker Minyak Ketiga Iran Tiba di Suriah

0
306

Teheran, LiputanIslam.com  Sebuah kapal tanker minyak Iran tiba di pelabuhan Banias, Suriah, pada Sabtu malam lalu, menurut laporan kantor berita Iran Tasnim, Senin (4/7).

Dalam beberapa pekan terakhir, tanker itu adalah tanker ketiga yang memasuki wilayah Suriah, negara yang porak poranda akibat perang yang telah berlangsung selama lebih dari 10 tahun dan merugikan sektor hidrokarbon hingga puluhan miliar euro.

Pembongkaran muatan bahan bakar minyak di pelabuhan Baniyas dilakukan menyusul pembukaan jalur kredit baru antara Damaskus dan Teheran.

Kantor berita resmi Suriah SANA melaporkan bahwa Presiden Suriah Bashar al-Assad telah menandatangani “fase baru” jalur kredit yang mencakup penyediaan energi dan pasokan lain yang dibutuhkan Suriah untuk menutupi kekurangan.

Pada Juli 2015, parlemen Suriah menyetujui perjanjian dengan Iran untuk membuka jalur kredit baru senilai $1 miliar, setelah ada dua jalur kredit serupa pada tahun 2013 ($4,6 miliar) untuk memenuhi kebutuhan minyak Suriah, sementara kedua negara sama-sama dikenai embargo internasional. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Damaskus Sebut Erdogan Ingin Sulut Perang

Kordahi: Sekali Lagi Saya Katakan, Perang Yaman Sia-sia Belaka

DISKUSI: