Kapal Tanker Iran ke-3 Masuki Perairan Venezuela

0
91

Teheran, LiputanIslam.com –   Satu lagi di antara lima kapal tanker minyak Iran  tiba di perairan teritorial Venezuela untuk mengirimkan lebih banyak kargo bensin ke negara Amerika Latin tersebut.

Jaringan TV Telesur melaporkan, kapal tanker Petunia yang berbendera Iran, melintasi Laut Karibia, Selasa (26/5/2020), dan mencapai zona ekonomi eksklusif Venezuela (ZEE) setelah dikawal oleh Angkatan Laut negara ini.

Petunia mengangkut sekira 50.000 ton bensin dan produk terkait untuk menggerakkan kembali produksi minyak di Venezuela.

Petunia berlayar menyusuri rute yang ditempuh selama beberapa hari sebelumnya oleh dua kapal tanker Iran lain, Fortune dan Forest, yang telah bersandar di pelabuhan Venezuela.

Baca: Kapal Tanker Minyak ke-3 Iran Dekati Venezuela

Kapal-kapal tanker minyak Iran itu tiba di Venezuela di tengah ancaman AS.

Forest memasuki ZEE Venezuela pada Minggu pagi waktu setempat dan segera dikawal oleh Angkatan Laut Venezuela.

Forest mengikuti Fortune, kapal pertama dari lima kapal Iran yang mengangkut bensin dengan jumlah total sekiran 1,53 barel.

Baca: Rai al-Youm: Armada ke-4 AS Gagal Hadapi Tantangan Iran

Kapal pertama, ‘Fortune’, berhasil mencapai Venezuela sehari sebelumnya dan dikawal oleh Angkatan Laut Bolivarian menuju pelabuhan.

Iran telah memperingatkan AS bahwa pencegatan terhadap kapal-kapal tanker itu akan beresiko pembalasan Iran terhadap kapal-kapal kargo AS di Teluk Persia dan sekitarnya. (mm/fna/alalam)

DISKUSI: