Jet Tempur Saudi Serang Ibu Kota Yaman, Permukiman dan Perguruan Tinggi Jadi Sasaran

0
509

Quds, LiputanIslam.com –   Jet-jet tempur Saudi mengamuk dan melancarkan hampir 20 serangan udara yang beberapa di antaranya menimpa obyek-obyek sipil di Sanaa, ibukota Yaman.

Saluran berita al-Masirah milik Ansarullah (Houthi), Senin (30/3/2020), melaporkan bahwa kawasan permukiman al-Atan dan al-Nahedin, sebuah perguruan tinggi militer, pangkalan al-Dailami dan al-Hafta, dan sebuah stasiun televisi menjadi sasaran dalam serangan udara Saudi tersebut.

Dia menambahkan bahwa jet tempur Saudi kemudian melakukan lebih banyak serangan terhadap pangkalan al-Hafta dan area di belakang gedung televisi.

Belum ada laporan rinci mengenai kerusakan dan korban agresi udara Saudi itu. Namun, laporan awal menyebutkan satu orang tewas dan dua orang terluka akibat serangan jet tempur Saudi ke perguruan tinggi militer di Sanaa.

Serangan udara itu terjadi sehari setelah militer Yaman yang bersekutu dengan Ansarullah (Houthi) mengaku telah melakukan serangan balasan drone dan rudal ke Riyadh, ke ibu kota Saudi, dan kota Saudi lain sebagai balasan atas invasi dan blokade Saudi terhadap Yaman.

Baca: Pasukan Yaman Gempur Riyadh dengan Drone dan Rudal Balistik

Para pengamat menyatakan adanya peningkatan signifikan pada jarak jangkau rudal balistik Yaman sehingga dapat mencapai Riyadh, dan terjadi perubahan drastis pada  perimbangan kekuatan militer yang menguntungkan kubu Ansarullah dalam perang Yaman.

Baca: HRW Ungkap “Horror” Pelanggaran Koalisi Pimpinan Saudi di Yaman

Arab Saudi menginvasi Yaman sejak Maret 2015 dengan bantuan sejumlah sekutunya, khususnya Uni Emirat Arab (UEA),  dengan dalih membela yang mantan presiden Yaman Abd Rabbuh Mansur Hadi yang kabur ke Riyadh beberapa bulan sebelumnya.  (mm/presstv)

DISKUSI: