Pasukan Yaman Gempur Riyadh dengan Drone dan Rudal Balistik

0
444

Sanaa, LiputanIslam.com –  Angkatan Bersenjata Yaman yang bersekutu dengan gerakan Ansarullah (HouthI) mengaku telah menggempur situs-situs strategis dan sensitif di Riyadh, ibukota Arab Saudi, dan tempat lain di negara kerajaan ini dengan satu skuadron pesawat tempur dan rudal balistik buatan Yaman sendiri.

Juru bicara Angkatan Bersenjata Yaman Brigjen Yahya Saree, Ahad (29/3/2020), mengatakan bahwa drone Sammad-3 dan rudal balistik jarak dekat Zulfiqar menyerang dengan sangat akurat sasaran di Riyadh pada Sabtu malam.

Menurutnya, pasukan militer Yaman dan pejuang Lijan Shabiyah yang berafiliasi dengan Ansarullah juga melesatkan beberapa rudal balistik jarak pendek Badr serta satu skuadron pesawat tempur Qasef-2k (Striker-2k) untuk menyerang situs ekonomi dan militer di Jizan, Najran dan Asir di wilayah perbatasan selatan Saudi.

Saree mengancam pihaknya akan melanjutkan “serangan menyakitkan” ke kedalaman wilayah Saudi jika  Riyadh masih melanjutjkan agresi dan blokadenya terhadap Yaman.

Petinggi militer Yaman menambahkan bahwa rincian lebih lanjut  mengenai operasi militer pembalasan ini  akan dipublikasikan dalam beberapa hari mendatang.

Baca: AS Cabut Bantuan Kesehatan ke Yaman di Tengah Wabah Covid-19

Sebelumnya, sumber lokal Yaman yang meminta tidak disebutkan identitasnya mengatakan bahwa pasukan Yaman telah menembakkan rudal balistik ke Riyadh.

Baca: HRW Ungkap “Horror” Pelanggaran Koalisi Pimpinan Saudi di Yaman

Jaringan berita televisi Al-Arabiya milik Saudi yang berbasis di Dubai, Uni Emirat Arab, melaporkan bahwa setidaknya dua rudal telah “dicegat” di angkasa  Riyadh, sementara yang lain “dihancurkan” di kota perbatasan selatan Jizan. Namun, juru bicara Pertahanan Sipil Arab Saudi mengatakan dua orang terluka akibat serangan itu. (mm/presstv)

DISKUSI: