Jet Tempur Saudi Bombardir Provinsi Ma’rib di Yaman

0
196

Sanaa, LiputanIslam.com –  Pasukan koalisi yang dipimpin Arab Saudi membombardir provinsi Ma’rib, Yaman, sebanyak 25 kali serangan udara sejak Senin sore (30/8).

Saluran Al-Masirah milik Ansarullah melaporkan bahwa di provinsi itu beberapa jet tempur koalisi melakukan tujuh kali pemboman di kota Sarwah dan delapan kali pemboman di kota Rahbah.

Provinsi Sa’dah juga tak luput dari serangan udara koalisi, namun hanya satu kali, tepatnya di kawasan Lembah Ali Abu Jabarah di kota Kataf.

Serangan sengit pasukan koalisi itu terjadi setelah Ansarullah dikabarkan melancarkan serangan drone dan rudal balistik yang menewaskan sekira 40 pasukan sekutu Saudi di Pangkalan Al-Anad, provinsi Lahij, Yaman selatan pada Ahad lalu.

Saluran Al-Jazeera yang berbasis di Doha, Qatar, melaporkan bahwa pertempuran antara pasukan kubu Ansarullah (Houthi) dan kubu sekutu Saudi berlanjut di provinsi Ma’rib hingga menjatuhkan beberapa korban tewas dan luka.

Pasukan Ansarullah sejak Ahad lalu memulai operasi militer besar-besaran dari sejumlah arah dengan sasaran pasukan koalisi di Pangkalan Sahn al-Jin, Ma’rib, serta melancarkan serangan drone ke Pangkalan Khamis Mushait, Arab Saudi.

Koalisi mengaku telah menghadapi dua drone yang melesat dari arah Yaman menuju Khamis Mushait.

Pertempuran di Ma’rib meningkat lagi setelah upaya diplomatik untuk menghentikan perang gagal dan koalisi menolak usulan Ansarullah untuk penghentian perang di Ma’rib.

Situs Al-Mashhad al-Yamani menyebutkan bahwa pertempuran di Ma’rib berkecamuk di beberapa front dengan menggunakan berbagai jenis senjata berat, dan pasukan Ansarullah meningkatkan serangannya.

Dubes Yaman kubu Ansarullah untuk Iran, Ibrahim Al-Dailami, mengatakan bahwa dewasa ini pertempuran di Ma’rib mencakup lebih dari 50 front.

Provinsi Ma’rib yang kaya minyak terdiri atas sembilan kota dan daerah, yang semuanya telah direbut oleh Ansarullah kecuali ibu kotanya yang juga bernama Ma’rib. (mm/fna)

Baca juga:

Rudal Balistik Ansarullah Hantam Lanud Al-Anad, 40 Pasukan Sekutu Saudi Tewas

Sanaa Cibir Dalih-dalih Absurd Blokade atas Yaman

 

DISKUSI: