Jet Tempur Israel Tembak Jatuh Drone Militer Mesir

0
27

View of highway 10, on the southern Israeli border with Egypt. Photo by Moshe Shai/FLASH90 *** Local Caption *** ëáéù 10
âáåì éùøàì îöøéí

TelAviv, LiputanIslam.com  Pasukan Pertahanan Israel (IDF), Rabu (1/6), mencegat dan menembak jatuh sebuah pesawat nirawak (UAV/drone) Mesir tak bersenjata di atas gurun selatan Negev pada awal pekan ini.

Menurut militer, insiden itu terjadi Senin lalu di dekat Gunung Sagi, yang terletak hanya beberapa kilometer dari perbatasan dengan Mesir. IDF mengatakan drone itu dipantau saat melintasi wilayah udara Israel.

Sumber pertahanan Israel menyatakan bahwa drone itu dioperasikan oleh militer Mesir untuk memantau pergerakan ISIS di gurun Sinai utara, dan tampaknya mengalami masalah teknis yang menyebabkan operator kehilangan kontak karena secara tidak sengaja memasuki wilayah udara Israel.

Sumber itu menambahkan bahwa penembakan pesawat itu dikoordinasikan dengan Mesir, sementara IDF menyatakan insiden itu sedang diselidiki.

Insiden itu terjadi ketika pertahanan udara Israel dalam siaga tinggi menyusul ancaman Iran untuk membalas pembunuhan seorang perwira Korps Garda Revolusi Islam (IRGC).

Militer Israel tidak menjelaskan mengapa mereka menyembunyikan insiden itu selama dua hari, namun Radio Angkatan Darat menyebutkan faktor kepekaan Mesir atas masalah tersebut. (mm/ti)

Baca juga:

Jenin Memanas lagi, Satu Pemuda Palestina Gugur, Prosesi Pemakaman Wartawati Diserang

Media Intelijen Israel Cemaskan  Drone Bawah Tanah Iran

DISKUSI: