Jenin Memanas lagi, Satu Pemuda Palestina Gugur, Prosesi Pemakaman Wartawati Diserang

0
224

Jenin, LiputanIslam.com  Satu pemuda Palestina bersama Bilal Awad, 24 tahun, gugur, dan tiga lainnya cedera diterjang peluru tajam dalam peristiwa bentrokan massa Palestina dengan pasukan Zionis Israel di barat daya Jenin, Rabu sore (1/6).

Kementerian Kesehetan Palestina melaporkan bahwa satu warga Palestina tertembak di bagian dada dan paha, dan sampai ke rumah sakit Jenin dalam kondisi kritis.

Sumber-sumber lokal mengatakan bahwa dalam peristiwa itu pasukan Zionis dalam jumlah besar menyerbu dengan mengerahkan sekira 30 kendaraan militer serta menyebar para penembak jitu di atas rumah-rumah penduduk. Mereka juga membawa buldoser dan menghancurkan rumah Diya Hamarashah, pelaku operasi serangan di Tel Aviv beberapa waktu lalu.

Sumber-sumber lokal itu menambahkan bahwa pasukan Israel menembakkan peluru tajam dan gas air mata ke arah penduduk dan rumah-rumah sekitar hingga menyebabkan tiga pemuda terluka dengan kondisi satu di antaranya kritis.

Sementara itu, media Palestina memberitakan bahwa pasukan Israel menyerang proses pemakaman Ghufran Harun Warasneh, 31 tahun, satu lagi wartawati Palestina yang gugur ditembak pasukan Zionis, Rabu pagi.

Dalam prosesi itu para pelayat bergerak sembari mengibarkan bendera Palestina dan meneriakkan yel-yel kutukan terhadap Israel. Setiba di gerbang Kamp Al-UArroub di utara Al-Khalil (Hebron), Tepi Barat, mereka diserang pasukan Zionis dengan tembakan gas air mata untuk mencegah masuknya jenazah ke kamp tersebut. Namun, para pelayat tetap bersikukuh dan berhasil membawa masuk jenazah ke kamp tersebut.

Ghufran Harun Warasneh ditembak oleh pasukan Israel di gerbang kamp tersebut.

Di Gaza, sayap militer gerakan Jihad Islam Palestina (PIJ) di hari yang sama mengumumkan gugurnya salah seorang komandannya, Yasir Atiyeh Al-Misri, 41 tahun, akibat luka yang dideritanya dalam perang 11 hari antara Gaza dan Israel pada Mei 2021. (mm/raialyoum/fna)

Baca juga:

Media Intelijen Israel Cemaskan  Drone Bawah Tanah Iran

Pertama di Dunia Arab, Israel Teken Perjanjian Perdagangan Bebas dengan UEA

DISKUSI: