[Video] Jet Tempur AS Dekati Pesawat Penumpang Iran di Langit Suriah, Sejumlah Orang Terluka

0
141

Beirut, LiputanIslam.com –  Sejumlah orang menderita luka akibat ulah dua jet tempur Amerika Serikat (AS) yang mendekati sebuah pesawat penumpang Iran di wilayah udara Suriah, Kamis (23/7/2020).

Laporan awal menyebutkan bahwa dua jet tempur Israel mendekati pesawat Mahan Air yang sedang menempuh rute Tehran-Beirut di atas langit Suriah, sehingga pilotnya terpaksa melakukan tindakan beresiko dengan mengubah arah dan ketinggian secara tiba-tiba demi menghindari tabrakan. Akibatnya, beberapa orang cedera.

Media Barat dan Israel, termasuk Reuters dan Jerusalem Post, melaporkan bahwa dua jet tempur pengusik itu milik Israel, namun militer Israel membantahnya. Sedangkan kapten Mahan Air dengan nomor penerbangan 1152 sendiri menyatakan bahwa pilot kedua jet tempur itu dalam kontak radio mengaku sebagai pilot militer AS.

Sebuah video yang diposting oleh seorang reporter TV milik pemerintah Iran yang kebetulan juga ada di dalam pesawat itu dari jendela memperlihatkan sebuah jet tempur F-15 dan komentar seorang penumpang yang berdarah di bagian wajahnya.

Dalam wawancara selanjutnya dari Beirut, reporter itu mengatakan tiga penumpang terluka akibat “tindakan sengaja jet tempur AS”.

Kantor berita Suriah, SANA, melaporkan insiden itu terjadi di zona udara Suriah di wilayah “lintasan perbatasan Al-Tanf dengan Irak”.  Di wilayah itu AS memiliki pangkalan utama yang didukung oleh pangkalan udara Ein Al-Assad, Irak barat, yang berjarak  120 km.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Abbas Mousavi mengatakan bahwa Duta Besar Iran untuk PBB Majid Takht-Ravanchi telah melaporkan insiden tersebut kepada Sekjen PBB Antonio Guterres.

Mousavi juga memperingatkan, “Jika ada insiden pada  pesawat ini dalam perjalanan pulang maka Republik Islam Iran akan menganggap AS bertanggung jawab.” Dia menambahkan bahwa pesan demikian telah dikirim kepada duta besar Swiss untuk Iran selaku  penjaga kepentingan AS di Iran.

Pihak Mahan Air menyatakan bahwa beberapa penumpang yang terluka akibat insiden itu telah dibawa ke rumah sakit di Beirut, Libanon, sementara penumpang yang lain juga telah dievakuasi.

Laporan terbaru menyebutkan bahwa pesawat penumpang Iran itu sudah kembali ke Iran dengan melintasi rute yang sama pada Kamis malam. (mm/fna)

Baca juga:

Mantan Dirjen MOSSAD: Israel Tak Mampu Cegah Iran Menjadi Negara Nuklir

Putra Nasrallah Mencuit, Tentara Zionis Tangguhkan Latihan Perang

DISKUSI: