Mantan Dirjen MOSSAD: Israel Tak Mampu Cegah Iran Menjadi Negara Nuklir

0
89

TelAviv, LiputanIslam.com –  Mantan Dirjen dinas rahasia Israel MOSSAD, Shabtai Shavit, menyatakan negaranya tak sanggup mencegah Iran masuk dalam klub negara-negara berteknologi nuklir, namun dapat mencegahnya dari penggunaan senjata nuklir terhadap Israel.

“Saya bukan tergolong orang yang mengatakan bahwa jika Iran memiliki senjata nuklir maka pasti akan mengancam Israel dengannya,” ujar Shavit dalam wawancara dengan Times of Israel, seperti dikutip Rai al-Youm, Rabu (22/7/2020).

Baca: Putra Nasrallah Mencuit, Tentara Zionis Tangguhkan Latihan Perang

Menurut Shavit,  Iran menginginkan nuklir hanya untuk “kekebalan” diri serta mendongkrak kepentingan dan keamanannya, sehingga jika sudah memperoleh senjata nuklir maka tidak mesti akan menggunakannya untuk mengancam Israel atau menjatuhkan bom nuklir ke Tel Aviv.

Baca: [Berita Gambar] Aneksasi Diam-Diam Israel Di Tepi Barat

Shavit yang disebut-sebut pernah menjalani sebagian hidupnya di Iran sebagai mata-mata bagi Israel mengklaim bahwa Iran berobsesi mendapatkan senjata inkonvensional seperti rudal nuklir, rudal permukaan ke permukaan serta senjata kimia, biologis, dan cyber. (mm/raialyoum)

DISKUSI: