Jelang Kunjungan ke Ankara, Presiden Israel Nyatakan Ingin Bentuk Aliansi Regional dengan Turki

0
221

TelAviv, LiputanIslam.com –   Presiden Israel Isaac Herzog mengkonfirmasi bahwa dia akan berkunjung ke Turki dan menyebut kunjungan ini sebagai bagian dari upaya untuk menggalang aliansi regional untuk melawan perubahan iklim.

Meskipun jabatan presiden di Israel lebih bersifat seremonial namun Herzog mempromosikan diplomasi Israel yang bertujuan meningkatkan hubungan dengan Ankara.

Israel berharap Ankara mengakhiri dukungan Turki kepada Hamas, dan berusaha meyakinkan Yunani dan Siprus yang bermusuhan dengan Turki bahwa hubungan Israel dengan Yunani dan Siprus tetap erat.

“Selama bulan depan saya akan mengunjungi tetangga kami di sepanjang pesisir Mediterania – Yunani, Siprus, dan Turki,  dan untuk bertemu dengan para pemimpin mereka,” katanya.

Dia menambahkan, “Selain mereka, saya tetap berhubungan dekat dan hangat dengan kepemimpinan Mesir, Yordania, Uni Emirat Arab, dan Otoritas Palestina. Saya bermaksud mengajak mereka semua bergabung untuk kemitraan regional menghadapi krisis iklim.”

Media Turki melaporkan bahwa kunjungan Herzog akan dilakukan pada 9-10 Maret. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan kerjasama energi akan dibahas dalam kunjungan tersebut. (mm/raialyoum/ti)

Baca juga:

Polisi Israel Dipusingkan Tren Pengunduran Diri Para Personelnya

Menhan Israel Tunjukkan “Foto Drone Iran di Venezuela”

DISKUSI: