Jelang Kunjungan Biden, Pesawat Khusus MOSSAD Dikabarkan Mendarat di Riyadh

0
269

TelAviv, LiputanIslam.com  Pengamat politik Israel Shimon Aran menyatakan bahwa sebuah pesawat khsusus Israel pernah yang digunakan oleh dinas rahasia MOSSAD mendarat di Riyadh.

Di Twitter, Senin (11/7) dia mencuit; “Pesawat khusus Israel yang digunakan oleh Mossad Israel di masa lalu, mendarat sore ini di Riyadh, Kerajaan Arab Saudi, dan tampaknya dalam persiapan untuk kunjungan Presiden AS Joe Biden ke kawasan.”

Sabtu lalu Presiden AS Joe Biden membela keputusannya berkunjung Arab Saudi dengan menyebutkan bahwa “HAM akan menjadi agendanya”, sembari mengajukan tawaran awal untuk kunjungan yang bertujuan memulihkan hubungan dengan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman, yang pernah dia cemooh sebagai “paria” terkait dengan kasus pembunuhan jurnalis asal Saudi Jamal Khashoggi. Paria adalah negara atau orang yang dianggap tercampak di tengah komunitas internasional.

Biden akan mengadakan pembicaraan bilateral dengan Raja Salman bin Abdulaziz dan tim kepemimpinannya dalam kunjungannya ke Timur Tengah pada pekan ini.

Dikutip  Washington Post, Biden Sabtu malam lalu menyatakan bahwa kunjungannya itu bertujuan “mengalihkan, bukan memutuskan, hubungan dengan negara yang telah menjadi mitra strategis AS selama 80 tahun.”(mm/raialyoum)

Baca juga:

AS Pertimbangkan Cabut Larangan Penjualan Senjata Ofensif ke Arab Saudi

Tokoh Oposisi Saudi Terbunuh di Lebanon

DISKUSI: