Jelang Hari Quds, Presiden Iran Desak Masyarakat Internasional Keluarkan Israel dari Tanah Palestina

0
82

Sumber: Breitbart

Teheran, LiputanIslam.com –  Presiden Iran Hassan Rouhani mendesak masyarakat internasional turun tangan memaksa Israel mengembalikan wilayah-wilayah Palestina kepada pemilik yang sebenarnya.

“Masyarakat internasional harus mengambil langkah-langkah praktis untuk mengakhiri kekejaman Israel dan kejahatan terhadap kemanusiaan, dan memaksa Israel menarik diri dari wilayah pendudukan Palestina,” kata Rouhani, saat berbicara dalam pertemuan komite khusus dari Satuan Tugas Nasional Pemberantasan Virus Corona, Kamis (14/5/2020).

Dia menekankan keharusan menghidupkan Hari Quds Internasional, dan mengatakan, “Hari ini penting mengutuk rezim pendudukan (Israel) dan mendukung rakyat Palestina yang tertindas, sebagaimana mengindahkan protokol kesehatan juga penting.”

Rouhani juga mengimbau media untuk berperan lebih serius dalam masalah ini.

“Kita harus mengambil langkah untuk mengutuk rezim Zionis pendudukan dan mendukung rakyat Palestina yang tertindas dengan menggunakan berbagai metode yang lebih efektif daripada tahun-tahun lalu,” imbuhnya.

Baca: AS Minta Israel Berhati-Hati Atas Rencana Aneksasi Tepi Barat

Hari Quds Internasional adalah peringatan tahunan untuk menentang pendudukan Israel atas kota suci Quds (Baitul Maqdis/Yerussalem).

Peringatan yang dipelopori oleh pendiri Republik Islam Iran, Imam Khomaini, pada tahun 1979 ini jatuh pada hari Jumat terakhir bulan suci Ramadhan, dan biasanya ditandai terutama dengan aksi-aksi pawai akbar dan demonstrasi anti-Zionis di Iran maupun berbagai negara lain di seluruh dunia.

Baca: Hamas dan Jihad Islam Tolak Pertemuan Mengenai Rencana Aneksi Tepi Barat oleh Israel

Peringatan ini diharapkan dapat menggalang dan mengekspresikan solidaritas umat Islam dan kaum merdeka dunia dengan bangsa Palestina serta menekankan keharusan kota Quds tetap ada di tangan bangsa Palestina dan umat Islam. (mm/fna)

DISKUSI:
SHARE THIS: