AS Minta Israel Berhati-Hati Atas Rencana Aneksasi Tepi Barat

0
135

Mike Pompeo dan Benny Gantz [Sebastian Scheiner/Reuters]

Tel Aviv, LiputanIslam.com—Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo meminta pemimpin Israel agar memerhatikan “semua faktor” dalam proposal  aneksasi kawasan Tepi Barat agar sejalan dengan rencana AS.

Pompeo mengunjungi Israel pada hari Rabu (13/5) kemarin untuk bertemu dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan mitra koalisinya, Benny Gantz. Pompeo dilaporkan tidak bertemu dengan para pemimpin Palestina.

Menurut kantor berita Israel Hayom, dalam pertemuan itu Pompeo membahas aneksasi dan juga “banyak masalah lain yang berkaitan dengan [langkah] itu – [seperti] bagaimana menangani semua faktor yang berkaitan dan memastikan langkah itu dilaksanakan dengan benar untuk menghasilkan hasil sesuai dengan visi perdamaian”.

Dalam rangka mengakomodasi kunjungan Pompeo, Netanyahu dan Gantz menunda acara peresmian pemerintah baru mereka. Netanyahu, politisi yang telah berkuasa sejak 2009, akan menjabat sebagai perdana menteri selama 18 bulan bersama dengan Gantz.

Koalisi ini membuat perjanjian bahwa pemerintah Israel dapat mulai mempertimbangkan penerapan aneksasi Tepi Barat yang sebelumnya telah dirinci dalam rencana Deal of the Century milik Presiden AS Donald Trump. Rencana yang diluncurkan pada Januari lalu itu memberi lampu hijau bagi Israel untuk mencaplok sebagian kawasan pendudukan Palestina. Rencana ini telah ditolak mentah-mentah oleh Palestina. (ra/aljazeera)

DISKUSI: