Israel Tuduh Iran Melatih Militan Asing Operasikan Pesawat Nirawak

0
256

Herzliya, LiputanIslam.com –  Menhan Israel Benny Gantz menuduh Iran melatih kelompok-kelompok bersenjata asing mengoperasikan pesawat nirawak (drone) di sebuah pangkalan udara dekat kota Isfahan, Iran.

Tuduhan tersebut dilontarkan Gantz, Ahad (12/9), sebulan setelah dilakukan penyelidikan internasional mengenai dugaan keterlibatan Iran dalam serangan pesawat nirawak terhadap kapal tanker minyak Israel di lepas pantai Oman.

Gantz menyatakan ada pengungkapan baru bahwa Iran menggunakan pangkalan udara Kashan di utara Isfahan untuk” melatih para anasir teroris dari Yaman, Irak, Suriah dan Lebanon untuk peluncuran pesawat nirawak buatan Iran” dan “berbagi pengetahuan yang memungkinkan mereka membuat pesawat nirawak di Jalur Gaza”.

Terkait tuduhan itu kantor Gantz merilis foto-foto satelit yang memperlihatkan pesawat- pesawat nirawak di pangkalan udara Kashan.

Tak ada tanggapan dari Iran terhadap klaim Israel tersebut.

Pada 29 Juli terjadi ledakan di atas kapal tanker produk minyak Mercer Street dekat mulut Teluk Oman, rute pengiriman minyak utama,yang menewaskan dua anggota awak, masing-masing berkewarganegaraan Inggris dan Rumania.

Kapal tanker itu milik Jepang namun dioperasikan oleh perusahaan Zodiac Maritime milik pengusaha Israel Eyal Ofer (Ofer Global Group), dan saat itu berlayar dengan mengibarkan bendera Liberia.

Militer AS menyatakan bahwa para ahli penjinak bom dari kapal induk Ronald Reagan, yang dikirim untuk membantu kapal tanker Mercer Street, menyimpulkan bahwa ledakan itu disebabkan oleh pesawat tak nirawak yang diproduksi di Iran. Iran lantas dituduh terlibat dalam serangan itu, tapi Teheran membantahnya. (mm/raialyoum)

Baca juga:

2 Tahanan Lain Ditangkap, Kini Hanya 2 Tahanan yang Masih Bebas

[Video:] Israel Tangkap Dua dari Enam Tahanan Palestina yang Kabur, Roket Melesat dari Gaza

DISKUSI: