Israel Serang Pinggiran Damaskus, Suriah Aktifkan Pertahanan Udara

0
156

Damaskus, LiputanIslam.com  Beberapa media Arab pada dini hari Selasa (7/6) melaporkan telah terdengar suara-suara ledakan keras dari angkasa Damaskus. Kantor berita Suriah, SANA, mengkonfirmasi laporan itu dan mengabarkan bahwa sistem pertahanan udara Suriah merespon serangan udara Israel di angkasa pinggiran selatan Damaskus, ibu kota Suriah.

Website Yedioth Ahronoth milik Israel juga turut melaporkan pengaktifan pertahanan udara Suriah terhadap serangan rudal Israel.

Kantor berita Sputnik milik Rusia memberitakan bahwa menurut laporan awal pertahanan udara Suriah telah mencegat tiga rudal, sementara beberapa sumber mengatakan sedikitnya satu rudal telah menghantam lokasi yang disasar.

Sebuah sumber Arab mengutip laporan televisi Suriah bahwa pertahanan udara telah merontokkan delapan rudal yang mengarah ke pangkalan-pangkalan militer di kawasan Al-Kiswah.

Jurnalis Yedioth Ahronoth di Twitter mencuit; “Serangan baru Israel ke target-target di Suriah. Angkatan Udara meningkatkan tekanan dan tak ada batasan apapun dari pihak Rusia. Bersamaa operasi MOSSAD di wilayah Iran, ini merupakan salah satu periode yang paling ofensif bagi MOSSAD dan tentara Israel terhadap Poros Resistensi. Tentara Israel juga melanjutkan operasi udara, siber dan daratnya.”

Sumber-sumber lokal Suriah mengatakan bahwa serangan Israel terhenti setelah setengah jam.

Mengutip keterangan sumber militer Suriah, SANA melaporkan; “Pada Senin malam (6/6) pukul 23.18 waktu setempat Israel melancarkan serangan udara dari wilayah pendudukan Golan Suriah ke sejumlah titik lokasi di selatan Damaskus. Pertahanan udara kita menghadapi rudal-rudal penyerang dan merontokkan sebagian besar di antaranya, dan telah jatuh kerugian materi.”

Beberapa sumber mengatakan bahwa serangan itu kemungkinan ditujukan ke beberapa titik di sekitar Bandara Internasional Damaskus serta daerah-daerah di Dataran Tinggi Al-Kiswah di mana beberapa gudang senjata tentara Suriah berada di pinggiran selatan Damaskus.

Serangan tersebut merupakan kelanjutan dari serangan-serangan udara Israel yang biasa dilakukan terhadap Suriah dengan menggunakan zona udara Lebanon ataupun dataran tinggi Golan. (mm/fna)

Baca juga:

TV Israel: Drone Iran Tak Kurang Bahayanya dari Nuklir Iran

SDF Minta Tentara Suriah Gunakan Pertahanan Udara untuk Melawan Invasi Turki

DISKUSI: