Israel Serang Homs, Dua Tentara Suriah Gugur

0
96

Homs, LiputanIslam.com   Media pemerintah Suriah melaporkan bahwa pertahanan udara Suriah berhasil menembak jatuh sebagian besar rudal Israel yang diluncurkan ke pangkalan udara di provinsi Homs, Suriah tengah.

Mengutip sumber militer, kantor berita resmi Suriah SANA melaporkan bahwa serangan rudal Israel itu dilakukan dari wilayah udara Lebanon dan menargetkan pangkalan udara militer Shayrat di bagian tenggara Homs pada Ahad malam (13/11).

“Pada pukul 18:23 malam ini, Israel melakukan agresi udara dari arah Tripoli-Hermel di Lebanon utara dengan sasaran bandara militer Shayrat di pinggiran Homs. Pertahanan udara kami menghadapi rudal-rudal penyerang dan menembak jatuh beberapa di antaranya,” bunyi laporan itu.

Televisi pemerintah Suriah juga menyiarkan rekaman video pertahanan udara mencegat “rudal agresor Israel” terhadap Homs, yang merupakan rumah bagi situs militer milik pasukan pemerintah Suriah dan kelompok pejuang Hizbullah Lebanon.

Mengutip sumber militer, SANA menyebutkan agresi Israel itu “mengugurkan dua tentara dan melukai tiga lainnya serta menimbulkan kerugian materi.”

Israel sering melanggar kedaulatan Suriah dengan menyerang posisi-posisi militer, terutama milik Hizbullah, yang gigih membantu tentara Suriah melawan kawanan teroris yang didukung asing.

Israel menjadi pendukung utama kelompok-kelompok teroris yang memerangi pemerintah Presiden Bashar al-Assad sejak pemberontakan yang didukung asing meletus di Suriah pada awal tahun 2011.

Suriah telah berulang kali mengadukan kepada PBB atas serangan Israel, dan mendesak Dewan Keamanan untuk mengambil tindakan terhadap kejahatan Tel Aviv, namun seakan tak digubris sama sekali. (mm/sana)

Baca juga:

Sayid Nasrallah: Demokrat maupun Republik di AS Sama Kejinya bagi Timteng

Wasekjen Hizbullah: Barat Gunakan Israel sebagai Tukang Pukul

DISKUSI: