Israel Sebut Orasi Nasrallah Perkuat Palestina untuk Serang Israel

0
36

Quds, LiputanIslam.com –   Penasehat militer Israel menilai pidato Sekjen Hizbullah Sayid Hassan Nasrallah memperkuat para pejuang Palestina untuk menyerang Israel.

Penasihat militer dan keamanan di Universitas Bar Ilan, Yair Ansbacher, dalam wawancara dengan saluran berita Channel 7 milik Israel, Selasa malam (19/5/2020), menyatakan bahwa orasi-orasi Sayid Nasrallah, terutama orasi  “Israel lebih lemah daripada jaring laba-laba”, turut memotivasi para pejuang Palestina menyerang militer Israel di Jalur Gaza dan Tepi Barat

Ansbacher menyebutkan bahwa Nasrallah dengan lihainya berhasil menanamkan semangat perlawanan Palestina terhadap Israel, dapat membuat dokumentasi-dokumentasi audio visual untuk operasi-operasi militer para pejuang Hizbullah sejak tahun 1990-an, dan  Hizbullahpun berhasil melakukan operasi dan perang atrisi terhadap tentara Israel.

Baca: Soleimani: Iran Tak Akan Tinggalkan Palestina, Walau di Tengah Deraan Sanksi

Website Channel 7 melaporkan bahwa penarikan pasukan Israel dari Libanon telah menciptakan sebuah fenomena yang disebut “Labanah”, yang berarti ekspor ide-ide resistensi dari Hizbullah ke berbagai kelompok dan faksi pejuang Palestina.

Baca: Uni Eropa Kembali Desak Israel Urungkan Rencana Aneksasi Tanah Palestina

Ehud Barak saat menjabat perdana Menteri Israel telah telah memerintahkan penarikan pasukan Israel dari Libanon selatan pada 25 Mei 2000, dalam apa yang disebutkan “kegagalan strategis bagi Israel” dan “kemenangan moral bagi Hizbullah Libanon”. (mm/amn)

DISKUSI:
SHARE THIS: