Israel Mengklaim Serangan Drone Telah Merusak Sebuah Pusat Nuklir di Iran

0
278

TelAviv, LiputanIslam.com –  Media Israel mengklaim bahwa pesawat nirawak atau drone telah digunakan dalam upaya untuk menyerang fasilitas nuklir Iran.

Situs Times of Israel, Rabu (23/6), menyebutkan bahwa fasilitas yang menjadi target serangan adalah sebuah pusat nuklir luas di kota Karaj, sekitar 40 kilometer barat laut Teheran, yang memproduksi suku cadang sentrifugal.

Tentang ini pula, Channel 13 di televisi Israel menyatakan, “Menyusul serangan misterius tadi malam di kota Karaj Iran, terungkap malam ini (Rabu) bahwa sebuah pabrik yang memproduksi bilah aluminium untuk sentrifugal yang memperkaya uranium rusak dalam sebuah operasi.”

Saluran ini menambahkan,”Dengan demikian, lebih banyak pula kerusakan terjadi pada program nuklir Iran.”

Saluran itu tidak menyebutkan siapa yang berada di balik serangan terhadap fasilitas Iran, tapi analis militernya, Alon Ben David, mengatakan bahwa jika benar laporan bahwa Israel berada di balik serangan tersebut maka ini menjadi serangan pertama terhadap Iran oleh Israel di bawah kepemimpinan  perdana menteri barunya, Naftali Bennett, dan kepala Mossad, David (Daddy) Barnea.

Sebelumnya, pihak berwenang Iran mengumumkan bahwa sebuah upaya sabotase yang menyasar gedung Badan Tenaga Atom Iran di kota Karaj berhasil digagalkan tanpa menyebabkan korban maupun kerusakan material.

Sumber resmi Iran di Pangkalan Pertahanan Udara Khatam al-Anbiya membantah anggapan bahwa “serangan sabotase” yang menargetkan gedung itu dilakukan dengan menggunakan drone.

Seorang pejabat yang mendapat informasi di Pangkalan Pertahanan Udara Khatam al-Anbiya mengatakan kepada situs berita Entekhab bahwa insiden pada Rabu pagi itu sama sekali tidak ada kaitannya dengan drone.

Dia  menambahkan, “Insiden itu bisa menjadi merupakan upaya sabotase, dan tanggung jawabnya ada di luar lingkup markas pertahanan udara.”

Media Iran melaporkan bahwa investigasi sedang dilakukan untuk mengidentifikasi pelaku upaya sabotase tersebut. (mm/raialyoum/mna)

Baca juga:

Situs-situs Poros Resistansi Diblokir, Iran akan Tempuh Jalur Hukum

Adakan Konferensi Pers Pertama, Sayid Raisi Pastikan Tak akan Adakan Pertemuan dengan Biden

DISKUSI: