Israel Mengaku Menjalin Hubungan Rahasia dengan Banyak Negara Arab

0
130

TelAviv LiputanIslam.com –  Menteri Kerjasama Regional Israel, Issawi Frej, menyatakan bahwa negaranya menjalin hubungan rahasia dengan banyak negara Arab namun Israel lebih mengutamakan untuk tetap merahasiakan hubungan ini.

Dia menjelaskan bahwa dewasa ini negara-negara Arab tersebut menghendaki hubungan mereka dengan Israel tidak dipublikasikan sebagaimana normalisasi hubungan Israel dengan Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, Sudan, dan Maroko.

Dikutip saluran TV i24News milik Israel, Senin (4/4), Issawi juga menyebut normalisasi hubungan dengan empat negara Arab dalam Perjanjian Abraham sebagai satu prestasi besar.

Web site Al-Khalij Al-Jadid menyebutkan bahwa Issawi Frej menyatakan demikian manakala aliansi keamanan internasional belakangan ini menggelar pertemuan tingkat menteri di Dubai, UEA, yang dihadiri oleh 11 negara, yaitu; UEA, Maroko, Bahrain, Israel, Prancis, Italia, Spanyol, Senegal, Singapura, Slovakia dan Belanda.

Dalam pertemuan itu alians tersebut membahas penguatan upaya-upaya kontra-kejahatan terorganisir dan tran-nasional serta pemberantasan radikalisme dengan semua bentuknya.

UEA, Bahrain, Sudan dan Maroko menandatangani perjanjian kompromi dengan rezim Zionis pada akhir 2020, dan sejak hubungan mereka dengan Israel terus berkembang. (mm/fna)

Baca juga:

Presiden Iran: Negara-Negara yang Mengabaikan Kejahatan AS dan Israel akan Picu Amarah

Peringatkan Israel, Resistansi Palestina: Perang 12 Hari Bisa saja Terulang

DISKUSI: