Israel Lesatkan Rudal ke Damaskus, Konvoi Militer Turki Masuki Wilayah Suriah

0
102

Damaskus, LiputanIslam.com –  Pertahanan Udara Suriah menghadapi serangan beberapa rudal yang disebutkan berasal dari pasukan Zionis ilegal, Israel, bersamaan dengan masuknya sebuah konvoi militer Turki ke wilayah Suriah pada dini hari Kamis (6/2/2020).

Sebuah sumber keamanan Suriah menyebutkan bahwa rudal-rudal itu ditembakkan ke sasaran-sasaran di daerah sekitar Damaskus dari arah barat daya, dan sistem pertahanan udara Suriah pun dioperasikan untuk menghadapi serangan tersebut.

Militer Suriah menyatakan konvoi militer Turki memasuki wilayah Suriah bersamaan dengan serangan Israel tersebut dan bahkan mendapat proteksi udara dari pasukan Israel.

Komando umum militer Suriah dalam siaran persnya yang dilansir SANA menyatakan, “Tepat pada jam 02.00 dini hari Kamis, bersamaan dengan serangan udara Israel dan bahkan dengan cover udara darinya sebuah konvoi militer Turki yang terdiri atas sejumlah kendaraan lapis baja dan tank memasuki wilayah Suriah dengan melintas dari kawasan Oglinar.”

Militer Suriah menambahkan, “Konvoi militer Turki menyebar di jalur antara distrik Banash Maarat, Masrin, dan Taftanaz dengan tujuan memproteksi kawanan teroris, terutama Jabhat al-Nusra, menghalangi gerak maju Pasukan Arab Suriah (SAA), dan mencegahnya merampungkan pemberantasan teroris terorganisir yang memblokir warga sipil di provinsi Idlib dan menjadikan mereka sebagai sandera dan perisai manusia.”

Militer Suriah menegaskan bahwa upaya bersama Israel dan Turki itu sia-sia dalam menghalangi kelanjutan misi SAA membebaskan semua wilayah Suriah dari “noda organisasi-organisasi teroris bersenjata”.

Baca: Pemerintah Suriah Resmi Umumkan Keberhasilannya Membebaskan Kota Saraqib

Mengenai serangan rudal Israel saat itu, sebuah sumber Suriah menyatakan sistem pertahanan udara negara ini telah menjatuhkan sejumlah besar rudal, namun sebanyak delapan pejuang menderita luka dan terjadi kerugian materi akibat ledakan rudal yang lolos dari sergapan sistem pertahanan udara.

Baca: Tahanan Jabhat Al-Nusra di Aleppo Akui Mereka Didukung oleh Turki dan Arab Saudi

Disebutkan bahwa serangan rudal itu dilancarkan oleh jet tempur Israel dalam dua gelomban dari angkasa Libanon Selatan dan wilayah pendudukan Golan. (mm/raialyoum/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS: