Israel Kecam Sekjen PBB Karena Setarakan Hizbullah dengan Israel

0
260

NewYork, LiputanIslam.com –  Wakil Tetap Israel untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Gilad Erdan, Ahad (8/8), mengecam keras Sekjen PBB Antonio Guterres atas pernyataannya pada Sabtu mengenai perkembangan situasi di Libanon selatan.

Dalam pernyataan itu Guterres mengaku prihatin atas meningkatnya ketegangan di perbatasan antara Hizbullah Libanon dan Israel (Palestina pendudukan 1948), dan mendesak semua pihak agar benar-benar menahan diri serta bekerjasama dengan Pasukan Sementara PBB di Lebanon (UNIFIL) dan menghindari segala tindakan yang dapat memperkeruh situasi.

Menanggapi seruan Guterres itu, Gilad Erdan mengatakan, “Tel Aviv menyayangkan sikap Sekjen PBB yang masih memberi tanda kesetaraan secara moral antara serangan sistematis kelompok-kelompok teroris dan serangan yang dilancarkan oleh negara demokratis Israel yang konsisten pada hukum dan merupakan anggota PBB”.

Erdan menyebutkan bahwa Israel sangat heran atas keengganan Guterres mengaitkan serangan rudal dari Libanon Jumat lalu dengan Hizbullah yang jelas-jelas sudah mengaku bertanggungjawab atas serangan ini.

“Ini sungguh tak terbayangkan… PBB masih saja sengaja menutup mata dari kejahatan perang dan aksi-aksi yang dilakukan Hizbullah serta tindakannya yang praktis menguasai tanah-tanah Libanon. Perilaku Hizbullah ini pada akhirnya akan menghancurkan Libanon,” klaimnya.

Dia juga mengatakan, “Kami semakin menaruh harap kepada PBB yang seharusnya menjadi suara bagi kejelasan moral, sebelum terlambat bagi bangsa Libanon dan kawasan secara keseluruhan.”

Seperti diketahui, Jumat lalu Hizbullah menembakkan puluhan roket ke posisi-posisi pasukan Zionis Israel di wilayah pendudukan pertanian Shebaa, Libanon selatan, sebagai balasan atas serangan udara Israel secara langsung ke Libanon selatan.

Sekjen Hizbullah Sayid Hassan Nasrallah dalam pidatonya, Sabtu, menyebut serangan udara Israel merupakan yang pertama kalinya dalam 15 tahun terakhir, yaitu pasca perang Hizbullah-Israel pada tahun 2006. (mm/raialyoum)

Berita Terkait:

Sayid Hassan Nasrallah: Israel Tak Berani Berhadapan dengan Hizbullah

Terkejut oleh Balasan Hizbullah, Israel Ketar-Ketir Minta AS Cegah Perang

[Video]: Hizbullah Lesatkan Puluhan Roket ke Posisi Pasukan Israel

DISKUSI: