Israel Gunakan Jet Tempur F-35 dalam Serangan ke Suriah

0
76

Beirut, LiputanIslam.com –  Media Cina Sohu memuat laporan bahwa Rezim Zionis Israel menggunakan jet tempur supercanggih F-35 dalam melancarkan serangan ke Suriah pada pekan lalu.

” Israel belakangan ini mengirim lagi jet tempur F-35, yang melancarkan serangan udara semalam di wilayah Suriah, dan menghancurkan pangkalan rudal Iran di provinsi Hama, Suriah utara,” bunyi laporan itu, Sabtu(6/6/2020).

Mengutip keterangan narasumber, Sohu menyebutkan bahwa jet F-35 buatan AS itu melancarkan serangan udara yang menarget fasilitas riset di kota Masyaf.

Sebuah sumber dari Pasukan Arab Suriah (SAA) mengatakan kepada Al-Masdar sistem pertahanan udara Suriah telah menyergap beberapa rudal Israel, namun sebagian rudal lolos dan menyebabkan kerusakan pada fasilitas tersebut.

Baca: Ribuan Waga Israel Demo Rencana Aneksasi Atas Tepi Barat

Sumber itu tidak dapat mengkonfirmasi apakah Angkatan Udara Israel menggunakan jet F-35 dalam serangan itu. Dia hanya memastikan bahwa rudal itu dilesatkan dari wilayah Lebanon.

Angkatan Udara Israel telah menyerang fasilitas riset di Masyaf pada dua kesempatan dalam satu tahun terakhir.

Baca: Pemerintah Suriah Bersiap Membuka Kembali Makam Khalifah Umar bin Abdul Aziz

Israel pernah beberapa kali dilaporkan menggunakan pesawat siluman tersebut dalam serangan ke Suriah. Sebagian sumber bahkan menduga pesawat siluman itu juga digunakan Israel dalam serangan ke  Aleppo selatan pada 2018.

Sebuah sumber SAA saat itu mengaku yakin Israel menggunakan F-35 untuk membom sebuah situs militer di dekat kota Aleppo. (mm/amn)

DISKUSI: