Israel Bersumbar Siap Menyerang Iran Sendirian

0
197

TelAviv, LiputanIslam.com –  Menteri Luar Negeri Rezim Zionis Israel Yair Lapid  bersumbar bahwa negaranya siap melakukan tindakan secara sepihak dan sendirian jika hal ini dirasa perlu.

Pernyataan itu dilontarkan Lapid beberapa jam menjelang dimulainya putaran kedelapan pembicaraan di Wina untuk pemulihan kesepakatan nuklir Iran, Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA), pada Senin malam (27/12).

“Tentu saja, kami lebih suka bertindak dalam kerjasama internasional, tapi jika perlu, kami akan bertindak sendiri, kami akan membela diri kami sendiri,” sumbar Lapid kepada Komisi Urusan Luar Negeri dan Pertahanan parlemen Israek Knesset.

Dia mengklaim, “Kami telah memberi sekutu kami sedikit data intelijen yang kuat tentang program nuklir Iran. Ini bukan sekedar opini dan posisi melainkan data intelijen konkret yang membuktikan Iran menipu dunia dengan cara yang sepenuhnya sistematis.”

Dia menambahkan, “Yang mereka (Iran) pedulikan ialah pencabutan sanksi, dan penggelontoran miliaran dolar ke dalam program nuklirnya, dan penyaluran ke Hizbullah, Suriah, Irak dan jaringan teroris yang telah mereka sebarkan di seluruh dunia.”

Lapid juga mengatakan, “Kesepakatan yang bagus itu bagus. Kami menentang kesepakatan yang tidak memungkinkan pengawasan nyata terhadap program nuklir Iran.”

Dia mengaku lebih memilih Amerika Serikat dan kekuatan lain menarik diri dari pembicaraan nuklir daripada “kesepakatan yang buruk.”

Komisi Keuangan Knesset Israel, Senin, menyetujui transfer 1,5 miliar shekel (480 juta dolar) ke Kementerian Pertahanan. Beberapa hari sebelumnya Knesset juga menyetujui alokasi 7,4 miliar shekel (2,3 miliar dolar) untuk pertahanan.

Transfer keuangan ke Kementerian Pertahanan Israel dilakukan bersamaan dengan adanya instruksi dari Kepala Staf Pasukan Pertahanan Israel, Aviv Kohavi, untuk mempercepat persiapan kemungkinan serangan terhadap fasilitas nuklir Iran.

Para pejabat Israel bersumpah untuk tidak membiarkan Iran memperoleh senjata nuklir yang, menurut mereka, merupakan ancaman bagi eksistensi Israel karena pejabat Iran berulang kali bersumbar untuk memusnahkan negara ilegal Yahudi ini. (mm/jp/raialyoum)

Baca juga:

Israel Waspadai Drone Kamikaze Iran

[Video:] Tanggapi Ancaman Iran, Israel Mengaku Siap Hadapi Ribuan Rudal

DISKUSI: