Israel Waspadai Drone Kamikaze Iran

0
546

TelAviv,LiputanIslam.com-Harian Jerusalem Post mengabarkan, Iran pada Sabtu (25/12) lalu memublikasikan video penggunaan roket dan drone untuk menyerang fasilitas nuklir Dimona di Israel. Akun Twitter IRGC mengabarkan, simulasi ini dilakukan dalam latihan militer “Nabi Agung 17” lalu.

“Iran mengumumkan, serangan ke maket Dimona dengan 16 rudal balistik dan 5 unit drone kamikaze telah disimulasikan dengan sukses… Iran mengancam akan menyerang fasilitas nuklir Dimona…Tampaknya keputusan Iran untuk menguji rudal balistik jarak jauh dan memamerkan peluncur drone baru serta serangan ke maket Dimona adalah level baru dari level ofensif Iran”, tulis Jerusalem Post.

Menurut harian Zionis tersebut, ini menunjukkan bahwa penggabungan drone dengan rudal adalah bagian dari program ofensif Iran. Penggunaan drone kecil kamikaze jarak jauh yang disertai rudal balistik menunjukkan gabungan logistik-logistik berbahaya.

Jerusalem Post juga membahas pertunjukan drone Shahed-136 dan peluncurnya. Iran disebut telah menciptakan cara baru untuk meluncurkan drone-drone secara terpisah atau berbarengan.

“Tipe drone semacam ini sudah pernah diliput oleh media-media Iran, namun detailnya tidak dipublikasikan. Sebelum ini, Iran juga sudah membuat drone-drone kamikaze, namun tipe khusus ini belum pernah terlihat dalam latihan-latihan militer lalu”.

“Puluhan drone jenis ini bisa diluncurkan secara berbarengan ke arah target. Meski tidak ada bukti bahwa drone-drone ini saling berhubungan atau memiliki kecerdasan buatan maju seperti di Barat, namun ini tidak berarti bahwa drone-drone itu bukan ancaman”,tandas Jerusalem Post. (af/fars)

Baca Juga:

[Video:] Tanggapi Ancaman Iran, Israel Mengaku Siap Hadapi Ribuan Rudal

Ini yang Ditakuti Israel Jika Perundingan Wina Menguntungkan Iran

DISKUSI: