Israel Belum Temukan Informasi yang Berarti Ihwal Kaburnya Sejumlah Tahanan Palestina

0
162

TelAviv, LiputanIslam.com –  Berbagai media Israel melaporkan bahwa sejauh ini badan keamanan Shin Bet ataupun polisi Israel belum mendapatkan informasi intelijen yang signifikan mengenai kaburnya para tahanan Palestina dari Penjaja Gilboa.

Reporter bidang kriminalitas saluran 13 Israel, Selasa (7/9), mengatakan, “Sejauh ini tidak ada informasi intelijen yang signifikan di meja Shin Bet maupun di tangan polisi penyelidik, atau siapapun, dan ini adalah problema besar.”

Dia melanjutkan, “Taktik yang sekarang diterapkan ialah tekanan di lapangan. Banyak tentara masuk ke desa-desa yang bukan bagian dari wilayah Israel. Ada tentara yang berusaha melakukan operasi-operasi pemeriksaan, dan tentu pasukan besar dari penjaga perbatasan dan polisi di dalam Israel.”

Dia juga mengatakan, “Polisi sekarang meminta masyarakat waspada dan menginformasikan segala sesuatu yang mencurikan. Polisi memperkirakan akan terjadi kontak senjata dengan para tahanan jika mereka masih berada di wilayah Israel. Dalam kondisi demikian, pasukan harus merespon dengan cepat.”

Sebelumnya di hari yang sama, beberapa media Israel menyebutkan bahwa upaya penyelidikan dan pengerajaran enam tahanan yang lolos itu masih belum membuah hasil yang signifikan, dan bahkan “mencapai jalan buntu”.

Rekaman kamera CCTV memperlihatkan dua tahanan telah melewati sebuah jalan ke arah utara menuju Tamra, sedangkan yang lain ke arah timur dan diangkut oleh sebuah mobil pada jarak 3 kilometer, dan mereka diduga segera mempersenjatai diri segera setelah kabur dari penjara sehingga polisi Israel harus bersiaga menghadapi kemungkinan mereka melancarkan operasi serangan.

Peristiwa yang menggemparkan ini membuat pihak pengelola penjara Israel memperketat sistem keamanannya di berbagai penjara.

Selasa dini hari pasukan Israel berdatangan ke gerbang barat kota Jenin. Israel juga menyebar pasukan infanteri di dataran Marj bin Amir dekat Nadi al-Safi untuk penyekatan dan memeriksa kartu identitas warga.

Seperti diketahui, sebanyak enam tahanan Palestina dilaporkan telah berhasil dari penjara Gilboa dekat kota Beisan pada dini hari Senin lalu. Penjara ini dikenal sebagai penjara paling ketat di Israel (Palestina pendudukan 1948).

Para tahanan itu diduga kabur melalui sebuah terowongan yang mereka gali selama sekira satu tahun, dan diketahui sudah menghilang dari penjara pada pukul sekitar pukul 04.00 waktu setempat.

Media Israel telah menayangkan gambar mulut lobang terowongan di ruang toilet penjara serta melaporkan adanya ujung lobang lain yang berjarak beberapa meter dari tembok luar Penjara Gilboa.

Dikutip media Israel, sebuah sumber keamanan papan atas mengatakan bahwa kaburnya para tahanan itu “merefeleksikan serangkaian kegagalan yang berbahaya”. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Tahanan Palestina Lolos, Ini Blunder Fatal Pihak Penjara Gilboa

Hizbullah: Lolosnya Tahanan Palestina adalah Tamparan Keras bagi Sistem Keamanan Israel

DISKUSI: