Tahanan Palestina Lolos, Ini Blunder Fatal Pihak Penjara Gilboa

0
348

TelAviv,LiputanIslam.com-Enam tahanan Palestina meloloskan diri dari penjara superketat Gilboa pada hari Senin (8/9) kemarin. Mereka berhasil kabur dengan menggali terowongan dan menembus pengamanan ketat penjara.

Harian Haaretz menulis, blueprint dari bangunan penjara Gilboa itu pernah dipublikasikan sebelum ini secara terbuka di dunia maya.

Laporan Haaretz menyebutkan, blueprint itu dipublikasikan oleh kantor arsitek yang mengawasi pembuatan desain bangunan penjara itu, sehingga bisa diakses oleh siapa pun yang ingin melihatnya.

Harian Zionis ini mengungkapkan, ada kemungkinan bahwa blueprint tersebut berujung kepada kaburnya 6 tahanan Palestina itu. Meski demikian, tulis Haaretz, saat ini belum jelas secara pasti apakah blueprint itu memang membantu para tahanan kabur dari penjara atau tidak.

Mengutip dari seorang pejabat tinggi dalam Departemen Urusan Penjara Israel, Haaretz menyatakan,”Ini adalah sebuah blunder keamanan nyata dari level pertama. Dipublikasikannya blueprint bangunan sebuah penjara keamanan adalah kegagalan keamanan-intelijen bagi Departemen ini, yang telah membiarkannya terjadi.”

Penjara Gilboa terletak di utara Palestina Pendudukan dan dibangun di bawah pengawasan pakar Irlandia. Penjara ini diresmikan pada tahun 2004. Nama Gilboa diambil dari nama gunung tempat penjara ini dibangun.

Pengaturan keamanan di penjara ini sangat ketat. Level penjagaannya pun amat tinggi. Para tahanan Palestina yang dituduh melakukan aksi-aksi perlawanan dikurung di Gilboa. (af/fars)

Baca Juga:

Hizbullah: Lolosnya Tahanan Palestina adalah Tamparan Keras bagi Sistem Keamanan Israel

6 Tawanan Palestina Lolos dari Penjara Superketat Israel

DISKUSI: