Israel Akui Iran Negara Pemberani dan Sukses

0
56

Quds, LiputanIslam.com  Media Israel memberitakan pengakuan “para pejabat di Israel” mengenai “keberhasilan Iran dalam membangun kemampuan strategis di Suriah dan menempatkan rudal presisi di wilayahnya, meski ada upaya Israel” untuk melawan sepak terjang Iran.

Dikutip Rai Al-Youm, Ahad (22/5), media Israel mengomentari kunjungan presiden Suriah Bashar Al-Assad ke Iran pada 8 Mei lalu, dan menyebutkan bahwa “aliansi Iran-Suriah akan tetap bertahan dan bahkan tumbuh lebih kuat.”

Times of Israel dalam sebuah laporannya menyebutkan, “Teheran telah muncul dalam beberapa bulan terakhir secara lebih berani dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya. Iran dan Hizbullah mencoba dan berhasil menemukan cara-cara kreatif untuk menghindari tantangan yang ditimbulkan oleh pertempuran di antara perang.”

Laporan itu menilai “komitmen Presiden Suriah Bashar al-Assad bukannya berkurang atau menurun selama bertahun-tahun setelah serangan Israel, melainkan justru meningkat.”

“Peningkatan aktivitas sistem pertahanan rudal Suriah, yang mengancam Israel sendiri, karena rudal ini (terutama rudal SA-5) telah menjadi jenis rudal permukaan-ke-permukaan dalam penerbangannya, dan pernah jatuh di berbagai daerah di Israel,” lanjutnya.

Times of Israel menyebutkan, “Banyak negara, termasuk negara-negara Teluk, siap mengembalikan Presiden Suriah Bashar al-Assad ke keluarga bangsa-bangsa (Arab). Ini meningkatkan legitimasinya, yang dapat menantang aktivitas Israel di Suriah di masa depan.”

Times of Israel percaya bahwa “perubahan yang terjadi di Iran juga dapat menyebabkan perubahan dalam kebijakan tanggapan Iran terhadap serangan Israel,” dan bahwa “ada upaya Iran dan Hizbullah untuk menggambar ulang perimbangan deterensi antara keduanya di satu pihak dan Israel dan Amerika Serikat di pihak lain”. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Perwira IRGC Terbunuh, Iran Ciduk Jaringan yang Berafiliasi dengan Israel

Pulang dari Saudi, Rabi Yahudi Israel Mengaku Terkesima

DISKUSI: