Israel Akhirnya Setujui Pembebasan Abu Hawash, Tahanan Palestina yang Mogok Makan

0
164

TelAviv, LiputanIslam.com –  Tahanan Palestina Hisham Abu Hawash yang telah melakukan mogok makan selama 141 hari untuk memrotes pemenjaraan dirinya tanpa dakwaan akhirnya berkenan mengakhiri aksi mogoknya setelah Israel menyetujui pembebasannya pada bulan depan.

Hisham Abu Hawwash, 40 tahun, ayah lima anak, adalah yang terbaru dari beberapa orang Palestina yang melakukan mogok makan untuk memprotes “penahanan administratif”, sebuah tindakan di mana seseorang  dapat ditahan tanpa batas waktu dan tanpa dakwaan atau pengadilan.

Tahanan administratif ditangkap atas “bukti rahasia”, tanpa menyadari dakwaan terhadapnya, dan tidak diperkenankan membela diri di pengadilan.

Pengacara Abu Hawwash, Jawad Boulos, Selasa (4/1) mengatakan bahwa Abu Hawwash berkenan mengakhiri mogok makan setelah Israel berjanji untuk membebaskannya pada 26 Februari mendatang, namun tak ada komentar segera dari pejabat Israel.

Warga Palestina telah berunjuk rasa di Tepi Barat dan Jalur Gaza untuk menandai dukungan mereka kepada Abu Hawwash. Faksi Jihad Islam Palestina bahkan mengancam akan melakukan aksi militer terhadap Israel jika dia meninggal dalam tahanan.

Kelompok-kelompok tahanan telah memperingatkan bahwa Abu Hawwash menghadapi “bahaya kematian yang akan segera terjadi”.

Pemogokan makan biasanya dirawat di rumah sakit untuk waktu yang lama sampai pihak berwenang Israel menyetujui pembebasan mereka.

Abu Hawwash dirawat di rumah sakit sejak bulan lalu. Selama beberapa hari terakhir, dia mengalami koma, dan sempat kehilangan penglihatan dan kemampuan berbicara, menurut laporan media setempat.

Aksi mogok makan Abu Hawwash adalah yang terpanjang setelah mogok makan selama delapan bulan yang diluncurkan oleh tahanan yang dibebaskan Samer Issawi yang berakhir pada 2013.

Klub Tahanan Palestina menyatakan bahwa  Hisyam Abu Hawash meraih kemenangan setelah 141 hari pertempuran heroik di mana dia menolak penahanan administratif atas dirinya. (mm/aljazeera/raialyoum)

Baca juga:

Tanggapi Jatuhnya Helikopter Israel, Pasukan Iran: “Darah Dibalas Darah!”

Al-Zahhar: Syahid Soleimani Yakin Palestina Menang dan Israel Binasa

DISKUSI: