IRGC Tuding Saudi Persenjatai Kelompok Teroris Jaish ul-Adl

0
121

Teheran, LiputanIslam.com –  Pasukan elit Iran Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) menuding Arab Saudi mempersenjatai kelompok teroris Jaish ul-Adl yang bermarkas di Pakistan dan telah melancarkan serangkaian serangan teror terhadap Iran.

Brigjen Mohammad Pakpour, seorang komandan IRGC, Selasa (18/2/2020), menyebutkan bahwa Jaish ul-Adl yang beroperasi di perbatasan barat laut, barat dan tenggara Iran “dibeking habis-habisan oleh Saudi, AS, dan para sekutu regional mereka”.

Pakpour menambahkan bahwa Angkatan Darat IRGC telah memberikan “pukulan berat” terhadap Jaish ul-Adl meskipun kawanan teroris ini mendapat dukungan besar dari Saudi dan sekutunya.

Jaish ul-Adl dinyatakan Iran sebagai pelaku beberapa serangan bom dan penculikan di bagian tenggara negara ini.

Baca: Ayatullah Khaemenei: Musuh Sia-Sia Ingin Pengaruhi Pemilu Iran

Berbagai kelompok teroris yang telah melakukan serangan serupa terhadap kepentingan Iran di bagian tenggara dan barat daya negara ini diketahui menjalin hubungan dengan Arab Saudi dan sejumlah rezim represif laindi wilayah Teluk Persia.

Baca: Komandan IRGC: Balasan Terhadap AS Belum Selesai, Cita-Cita Tertinggi Soleimani Harus Tercapai

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Saudi merupakan negara utama yang mensponsori gerakan teroris takfiri pengikut faham Wahhabisme yang dianut dan disebarkan oleh Kerajaan Saudi. Faham ini membuat Arab Saudi dan Iran berada pada berlawanan dalam berbagai konflik di Timur Tengah. (mm/presstv)

DISKUSI: