IRGC: Satelit Militer Iran adalah untuk Tingkatkan Kecerdasan Strategi Pertahanan

0
837

Teheran, LiputanIslam.com –  Komandan Korps Garda  Revolusi Islam Iran (IRGC) Mayjen Hossein Salami menyatakan bahwa satelit militer “Nour 1” (sebelumnya tertulis “Noor”) yang baru diorbitkan oleh negara ini pada hari Rabu (22/4/2020) akan semakin meningkatkan kekuatan strategis intelijen dan informasi pasukan pertahanan IRGC.

“Hari ini, kita dapat melihat dunia dari luar angkasa, dan ini berarti perluasan intelijen strategis dan informasi pasukan pertahanan IRGC yang tangguh,” kata Salami setelah IRGC meluncurkan satelit militer pertama Iran ke luar angkasa.

Dia menambahkan bahwa peluncuran satelit bertugas ganda itu dapat menciptakan nilai tambah strategis dan kekuatan dalam perang intelijen.

Jenderal Salami mengatakan bahwa semua bagian dari satelit itu, termasuk roket pembawa dan satelit, telah diproduksi oleh para ilmuwan Iran sendiri, meskipun negara ini dikenai sanksi AS.

Menurutnya, pesan dari pencapaian penting ini adalah bahwa sanksi bukanlah hambatan bagi proses kemajuan Iran, dan selanjutnya akan memotivasi negara ini untuk menjelma menjadi kekuatan besar di kawasan dan bahkan dunia di bidang teknologi mutakhir.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, IRGC sukses meluncurkan dan mengorbitkan satelit militer pertama Iran.

Baca: Breaking News, Iran Sukses Luncurkan Satelit Militer Pertama

IRGC meluncurkan satelit itu dengan menggunakan roket pembawa satelit “Qased” dalam operasi yang digelar di daerah gurun pasir luas Dasht-e Kavir, Iran, Rabu. Satelit diorbitkan pada ketinggian 425 km di atas permukaan bumi.

Baca: IRGC: Iran Tingkatkan Jangkauan Rudal Laut Tanpa Bantuan Asing

Pengumuman itu dibuat ketika pasukan elit Iran ini menandai peringatan pendiriannya pada tanggal 22 April 1979 atas perintah oleh pendiri Republik Islam, Imam Khomeini.

Baca: Iran Diduga Menduplikasi Misil Canggih Israel yang Tertembak Jatuh di Suriah

Menandai peringatan itu pula, Pemimpin Besar Iran Ayatullah Sayid Ali Khamenei menyatakan terima kasihnya kepada IRGC atas kinerjanya. (mm/fna)

DISKUSI: