IRGC Kutuk Serangan di Irak, AS Nyatakan Tak Bermaksud Tingkatkan Ketegangan dengan Iran

0
197

Teheran, LiputanIslam.com –  Pasukan elit Iran Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) mengutuk serangan AS terhadap markas Brigade Hizbullah Irak yang merupakan bagian dari komponen pasukan relawan besar al-Hashd al-Shaabi.

IRGC menegaskan bahwa rakyat dan para pejuang Irak berhak membalas serangan brutal yang menggugurkan 25 pejuang Irak di wilayah perbatasan Irak-Suriah tersebut.

“Serangan udara yang dilancarkan para teroris agresor AS terhadap pangkalan-pangkalan al-Hashd al-Shaabi dan menjatuhkan beberapa korban gugur dan luka di antara para pejuang muqawamah (resistensi) dan relawan di Irak merupakan pelanggaran terhadap kedaulatan nasional negara ini,” ungkap IRGC dalam statemennya yang dirilis, Senin (30/12/2019).

IRGC menambahkan, “Serangan ini merupakan satu bukti baru bahwa AS merupakan penyebab utama kekacauan dan ketegangan serta pembangkit konfrontasi di kawasan.”

IRGC juga mengingatkan kepada Israel untuk tidak bersuka cita atas serangan AS tersebut.

Baca: Buntut Serangan Terhadap Relawan, Pemerintah Irak Ancam Revisi Hubungan dengan AS

“Rezim imitasi Zionis dan pembunuh anak-anak kecil tak usah bergembira atas ulah Setan Besar (AS) dan para teroris AS karena umat Islam menghargai anak-anak bangsanya di front resistensi, dan akan memperluas skala kemarahan dan tekad sucinya dalam menghadapi para Zionis penjajah Tanah Suci Quds (Baitul Maqdis/Yerussalem)”, pungkas IRGC.

Di pihak lain, seorang pejabat senior AS di hari yang sama menyatakan Washington tidak bermaksud meningkatkan konflik dengan Iran dalam peristiwa serangan yang terjadi pada Minggu malam lalu tersebut.

Asisten Menteri Luar Negeri AS David Schenker mengatakan serangan itu merupakan pesan bagi Iran setelah sekian bulan “pengekangan” oleh pemerintahan Presiden AS Donald Trump.

Schenker mengatakan serangan itu merupakan balasan atas tewasnya seorang kontraktor sipil AS di Kirkuk akibat serangan roket Brigade Hizbullah yang pro-Iran pada Jumat lalu.

Baca: Puluhan Relawan Gugur, Irak Dilanda Gejolak Anti-AS

“Kami telah melihat penting pencapaian target besar untuk mengirim pesan yang sangat jelas kepada mereka (Iran) bahwa kami serius memandang nyawa orang Amerika… Itu adalah respon serius, tapi kami percaya, tepat,” katanya. (mm/alalam/raialyoum)

DISKUSI: