Iran Ungkap Sistem Radar Baru Pendeteksi 300 Target Sekaligus

0
84

Teheran, LiputanIslam.com –   Iran meluncurkan sistem radar baru dinamai ” Kashef-99” (Detektor-99) dan disebutnya mampu mendeteksi 300 target sekaligus.

Komandan Pangkalan Pertahanan Udara Iran, Brigjen Ali Reza Sabahi Fard, saat mengumumkan sistem itu, Rabu (2/9/2020), menekankan kemajuan luar biasa Iran dalam pengembangan senjata dan peralatan militer modern, dan mengatakan bahwa negara republik Islam ini menyembunyikan bagian dari sistem ini dalam upaya untuk mengejutkan musuh.

“Banyak  di antara peralatan Pertahanan Udara tak dapat diungkapkan ke media dan kami akan menggunakannya dalam lapisan rahasia Pertahanan Udara ketika diperlukan dalam upaya mengecewakan musuh pada gerakan mereka,” kata Sabahi Fard.

Fard menjelaskan, sistem baru itu merupakan radar tiga dimensi dengan array bertahap, dan perangkat bergerak yang dirancang untuk mendeteksi obyek terbang kecil pada jangkauan 12 kilometer.

Dia menambahkan bahwa sistem itu didesain oleh Pusat Penelitian Teknologi Modern Pertahanan Udara Angkatan Bersenjata Iran.

Dia juga menyinggung peluncuran sistem “cerdas, canggih, dan unik” bernama “Emad” yang dapat memodelkan skenario perang yang berbeda dalam latihan perang, dan menyebutnya dapat digunakan untuk meningkatkan kekuatan operasional di semua bidang pertahanan.

Sehari sebelumnya, otoritas Iran mengumumkan bahwa mereka telah membuat 27 pencapaian militer baru, yang sebagian besar akan diumumkan pada pekan  ini. (mm/fna)

Baca juga:

[Video] Dikabarkan Terbunuh oleh Serangan Israel, Jenderal Iran Muncul di Rekaman Baru

Iran Diduga Kerahkan Sistem Pertahanan Udaranya di Dekat Perbatasan Suriah-Lebanon

DISKUSI: