Iran Diduga Kerahkan Sistem Pertahanan Udaranya di Dekat Perbatasan Suriah-Lebanon

0
167

Moskow, LiputanIslam.com –  Publikasi Rusia Avia.pro, Ahad (30/8/2020), memublikasi citra satelit terkait dengan apa yang mereka klaim sebagai sistem pertahanan udara Iran yang dikerahkan di daerah dekat perbatasan Suriah-Lebanon.

Media Rusia itu memposting gambar satelit yang diduga menunjukkan penyebaran sistem pertahanan udara Khordad-3 buatan Iran di daerah tersebut. Gambar itu menunjukkan setidaknya tiga sistem Khordad-3 buatan Iran di perbatasan Suriah-Lebanon di kawasan yang selama ini paling rawan dijadikan sebagai zona serangan jet tempur F-16 Israel.

Publikasi itu menyebutkan bahwa jarak efektif penghancuran target yang terakhir adalah dari 75 hingga 105 kilometer, yang cukup untuk mengatasi jet tempur Israel jika terjadi serangan baru di Suriah.

Menurut Avia.pro, pemindahan unit pertahanan udara itu ke Suriah bisa jadi dilakukan Iran melalui jalur udara.

“Harus diklarifikasi bahwa kemunculan sistem pertahanan udara Iran di wilayah Suriah ini adalah kejutan yang cukup besar,” tulisnya.

Avia.pro menambahkan bahwa kemunculan sistem pertahanan udara ini terjadi hanya sebulan setelah Iran berjanji untuk meningkatkan pertahanan udara Suriah. (mm/amn)

Baca juga: 

Nasrallah: Gerakan Asing Anti-Hizbullah Kali Ini Terparah Dalam 50 Tahun Terakhir

Bus Diserang Teroris, Empat Tentara Suriah Tewas

DISKUSI: